Adab Jalin Kemitraan Dengan Membrana

Adab Jalin Kemitraan Dengan Membrana

ICO
November 6, 2018 by adi
302
ADAB resmi telah menjalin kemitraan dengan platform Membrana pada 1 November lalu. Membrana, salah satu platform managemen aset digital berbasis Blockchain. Kerjasama antar kedua belah pihak memang akan saling memperkuat satu sama lain.
Adab Jalin Kemitraan Dengan Membrana

Teknologi blockchain memang sudah menyentuh semua lini. Munculnya proyek ADAB Solutions memberikan ruang baru untuk pasar Islam. ADAB memunculkan bursa kripto baru yang bersendikan dengan prinsip keuangan Islam di dalamnya.

Dengan ADAB, maka teknologi blockchain dan cryptocurrency akan mampu menyebar lebih luas, dan mencapai juga di negara-negara Islam. Terkait dengan proyek yang dibangun ADAB, pihaknya juga telah benyak menjalin kemitraan dengan berbagai pihak.

Kemarin, ADAB juga telah resmi bermitra dengan Membrana, salah satu platform managemen aset digital berbasis Blockchain. Kerjasama antar kedua belah pihak memang akan saling memperkuat satu sama lain.

Bagi pihak ADAB, kemitraan yang dijalin dapat memanfaatkan ekosistem Membrana dan bisa memanfaatkan semua fitur di dalam platform Membrana. Sementara di lain pihak, Membrana juga dapat mengembangkan ekosistemnya lebih luas dengan ADAB Solutions.

Membrana hanyalah salah satu dari sekian banyak kemitraan yang telah dijalin pihak ADAB. Pada awal bulan Oktober lalu, ADAB juga menjalin kemitraan dengan HumanCoin. Pihak ADAB pun menilai proyek HumanCoin menjadi sebuah proyek industri filantropis yang cukup unik.

Dengan bangunan infrastruktur yang memadai, ADAB Solution dapat masuk dan menjangkau ruang-ruang yang belum tersentuh. Dan yang paling utama adalah, mengedepankan prinsip-prinsip keuangan Islam untuk mata uang kripto.

Segmentasi keuangan Islam mempunyai potensi yang luar biasa besar. Pertumbuhan pasar keuangan Islam disebut telah tumbuh hingga 10-12 persen berdasarkan data yang dihimpun di Daily News bulan September 2018 lalu.

Potensi pasar keuangan Islam ini bernilai USD 2,2 trilyun. Total nilai tersebut dihimpun per bulan Juli 2018, tersebar lebih di 80 negara di dunia. Prediksi pasar keuangan Islam juga bisa tumbuh mencapai USD 3,8 trilyun di tahun 2022 mendatang.

Untuk mewujudkan nilai-nilai dan prinsip Islam tersebut, ADAB Solutions meluncurkan platform FICE (First Islamic Crypto Exchange). Di platform inilah yang nantinya akan dijalankan dengan mematuhi betul prinsip-prinsip keuangan Islam.

Bagaimana mungkin sebuah bursa kripto baru bisa dioperasikan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam? Di dalam FICE, ada sebuah badan khusus yang telah di bentuk di dalam struktur kelembagaannya. Badan khusus tersebut adalah Departemen Keuangan Islam dan Dewan Penasihat Syariah.

Pihak ADAB memang sengaja membentuk kelembagaan tersebut di dalam platformnya. Melalui Dewan Penasihat Syariah ini terdiri dari beberapa ahli keuangan syariah, bertugas untuk menganalisis dan juga mengkonfirmasi setiap mata uang kripto yang bisa terdaftar di dalam FICE.

Tidak hanya itu, fungsi kelembagaan tersebut memang untuk memberikan kontrol penuh bahwa seluruh aktifitas FICE berjalan sesuai dengan kaidah dan prinsip-prinsip keuangan Islam. Salah satu hal yang juga dijaga, adalah agar tidak ada proses manipulasi dan spekulasi pasar yang dilakukan FICE.

Kelembagaan semacam ini memang belum pernah dijumpai di dalam bursa kripto manapun di dunia. Apa yang dibangun oleh ADAB Solution melalui platform FICE menjadi jalan pembuka awal yang cukup punya peranan penting. Terutama bagaimana menyelaraskan prinsip-prinsip keuangan Islam di dunia crptocurrency.

 

Add a comment