Anda Awam Tentang Kripto? Awasi Penawaran-penawaran ini

Anda Awam Tentang Kripto? Awasi Penawaran-penawaran ini

Anda Awam Tentang Kripto? Awasi Penawaran-penawaran ini

SCAM ALERT
March 12, 2018 by Edukasi Bitcoin
4414
Salah satu penyebab banyaknya stigma negatif masyarakat tentang Bitcoin dan kripto selama ini, adalah karena banyak dikaitkan dengan program-program investasi yang tidak jelas. Di Indonesia, dengan karakter masyarakatnya sebagai salah satu negara berkembang, menjadi bibit subur maraknya penawaran-penawaran yang lebih banyak bersifat skema piramida.
Anda Awam Tentang Kripto? Awasi Penawaran-penawaran ini

Bitcoin dan kripto selama ini, telah banyak dikaitkan dengan program-program investasi yang tidak jelas. Hal ini juga yang mengakibatkan begitu banyak stigma negatif yang muncul di masyarakat. Di Indonesia, dengan karakter masyarakatnya sebagai salah satu negara berkembang, menjadi bibit subur maraknya penawaran-penawaran yang lebih banyak bersifat skema piramida.

Ada cukup banyak varian kripto yang telah muncul di dunia. Dari sebegitu banyaknya jumlah varian kripto atau yang disebut dengan Altcoin, menjadi celah juga yang dimanfaatkan para scammer untuk melancarkan aksinya.

Selain itu, Penawaran Koin Awal, ICO, atau Initial Coin Offerings, juga menjadi sebuah pemicu meledaknya penawaran-penawaran investasi yang tidak punya dasar kejelasan, baik dari konsep, kejelasan usaha yang melatar belakangi, profil company, tim dibelakangnya, dan yang paling utama adalah fungsionalitas atau utilitas yang ditawarkan.

Dari sekian banyak penawaran investasi melalui ICO, telah cukup banyak yang berakhir dengan pump and dumping saja setelah masa ICO berakhir. Akibatnya, pemilik token yang berada di barisan akhir, cukup kesulitan untuk bisa menjual jika tidak ada lagi yang berminat untuk membeli.

Kasuistis yang terjadi di ICO, pada dasarnya sama juga terjadi pada dunia altcoin, jika varian baru altcoin tersebut telah ditinggalkan peminatnya. Namun, ICO jauh lebih buruk dari itu. Satu-satunya hal yang paling mendasari adalah, pemilik token ICO, beramai-ramai menjual untuk meraup untung begitu periode ICO telah selesai.

Di satu sisi lain, penyelenggara ICO juga tidak sedikit pula yang membuat ICO dengan landasan tersebut. Proses membuat token yang mudah, pemilik ICO bisa membuat sejumlah token yang dikehendaki, dan pembeli tidak akan bisa mengetahui jika ada perubahan dilakukan pada smart contract token tersebut.

Tidak hanya ICO dan varian Altcoin saja, ada begitu banyak pola investasi yang muncul di Indonesia. Mulai dari Cloud mining, embel-embel trading, event edukasi kripto yang berujung pada penawaran investasi, maupun yang lain.

Menariknya, penawaran-penawaran ini telah tumbuh cukup subur juga di Indonesia. Memberikan iming-iming yang cukup besar pada calon investor, skema network marketing, namun tidak pernah memberikan deskripsi yang jelas. Tentang bagaimana sumber pendapatan, jika klaim melakukan pertambangan maka pertambangannya dilakukan dimana? Menambang apa? Berapa perangkat yang dimiliki? Dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa list yang sudah EB lihat dan telah amati sebelumnya. Yang termasuk di list ini, sebaiknya perlu anda tinggalkan jauh-jauh:

  1. JavaCoin, (JVC)

Proyek altcoin ini cukup membingungkan karena ada dua versi announcement yang berbeda namun mempunyai sumber code yang sama, dengan block exploler yang sama pula.

Versi Announcement 16 Desember di Bitcointalk

  • Menyebut bahwa JVC bukanlah ICO, dan tidak akan menjadi ICO.

JVC2

  • Masih di versi announcement tersebut, menyatakan bahwa total supply sebesar 84840 juta. Agak aneh juga melihat angka tersebut. Karena tidak pernah ada angka 84840 juta.JVC1
  • 1% premined saja.
  • Menyebut bahwa javacoin.me dan javacoin.co adalah dua project yang berbeda, meskipun mempunyai nama yang sama. Bagaimana itu bisa terjadi? Sedangkan keduanya mempunyai source code yang sama sumbernya?
  • Network disinyalir kuat telah gagal dan tidak aktif, seperti yang bisa anda lihat pada gambar dibawah ini:

JVC4

Versi Announcement 14 Desember

  • Dari sumber code yang sama, pada versi ini mempunyai total supply berbeda, yakni 22 juta JVC.

JVC3

  • Menggalang ICO, padahal pada versi announce 16 Desember JVC tidak akan menggunakan ICO. Jika menggunakan ICO, penanganan ICO menggunakan apa? Apakah menggunakan token smartcontract lain? Atau menggunakan koin JVC? Jika menggunakan koin JVC? Bukankah koin tersebut hanya 1% saja premined? Atau, memang ada pembohongan publik?
  • Mengatakan terdesentralisasi, padahal tidak. Melihat dari penggalangan ICO, sedangkan tidak menggunakan smartcontract lain, maka sudah dapat dipastikan itu berupa premined. Lantas bagaimana kejelasan dengan versi announcement sebelumnya?

Atas berbagai ketidakjelasan itu, JavaCoin (JVC) adalah scamm coin. Anda perlu secepatnya angkat kaki dari proyek kripto semacam ini.

  1. Natcoin[dot]io

Proyek ICO ini menggunakan Token ERC20. Sayangnya, proyek yang satu ini menggalang dana dengan sesuatu yang cukup tidak jelas. Tidak pernah ada informasi siapa dibalik penggalang dana ICO tersebut, maupun siapa tim dibaliknya.

Pada gambaran whitepaper yang dibuat, lebih cocok menjadi karangan asal saja. Tertulis pada whitepapernya, pihak Nat mengklaim akan membuat beberapa project seperti Natassurance, Natedu, Natfinance, maupun juga Natasset. Bagaimana itu bisa diwujudkan jika tim dibelakangnya saja tidak pernah jelas.

Dirasa cukup menggelikan, pada whitepapernya tidak pernah dijelaskan bagaimana akomodir semua project tersebut dapat digunakan. Menggunakan sistem yang bagaimana untuk bisa menterjemahkan token itu dalam beberapa hal baik asset, finance, edukasi, dan asuransinya? Dalam hal ini, sudah dapat dilihat bahwa project Natcoin berpotensi besar scamm.

  1. ExoCoin (exo-coin[dot]io)

Proyek ICO ini terlalu percaya diri saat menuliskan announcement di forum bitcointalk. Menggunakan nama yang sama seperti pada eXocoin yang pernah muncul pada tahun 2014. Sementara di proyek ini, menyatakan dirinya dengan spesifikasi POW dengan SHA256. nampaknya penggagasnya tidak pernah memahami apa maksud dari POW dengan SHA256 tersebut.

Source code? Nihil, hanya profil exopay dengan memampang logonya saja, namun tanpa ada repositories. Whitepaper, cukup bagus sebenarnya proyeksi yang ada digambarannya. Sayangnya, itu akan pernah bisa dilihat secara terbuka jika tidak ada code yang jelas. Dilihat dari hal ini, Exocoin yang nampak bikinan lokal orang Indonesia ini besar potensi scamm.

4. Cavallo Coin

Melihat dari karakternya, Cavallo – cavallo[dot]co, ini tak lebih dari praktek skema piramida belaka. Tidak ada apapun yang bisa dilihat dan dipelajari untuk melihat secara pasti. Saat tulisan ini dibuat, kedua situs utama mereka sudah bermasalah. Entah apa maksudnya membuat begitu banyak mainsite. Umumnya, ini memang dilakukan untuk mengaburkan sesuatu.

site-error

Yang lebih nampak dari proyek scamm ini, dibuat dari Indonesia. Terbukti dengan banyaknya situs-situs pendamping dari Indonesia yang digunakan untuk menjaring mangsa dari orang-orang yang masih awam dunia kripto. Situs-situs tersebut seperti cavallocoin[dot]net, cavallocrypto[dot]com, banyaknya maupun fanspage cavallo di sosial media.

Karakter-karakter project scam, umumnya cukup identik dengan pola network marketing. Network marketing sebenarnya sah-sah saja dilakukan, asalkan didukung landasan proyek yang benar-benar berkualitas. Namun ini, belum apa-apa sudah dibesarin para cukong pemangsa saja.

Pada deskripsi crypto yang dipampang di cavallocrypto[dot]com, terlihat spesifikasi seperti ini:

cavallo2

Dari spesifikasi itu, apa yang bisa dibuktikan? Dari mana bisa menyebut spesifikasi itu tanpa ada sumber yang jelas. Biasanya, setelah ada kritik pedas untuk membuka kedoknya, otak dibelakang proyek scam akan segera melakukan langkah-langkah taktis untuk memperbaiki itu. Namun, hal itu tidak akan mengubah kenyataan bahwa proyek cavallo adalah proyek scam semata.

Nampaknya, otak dibelakang proyek scam ini berasal dari JV-Club dengan situs utamanya (JVlub[dot]net) dan jvclub2u[dot]com. Kumpulan pemangsa orang awam dengan nama JV-Club ini mengklaim bahwa proyek scam Cavallo telah diamini dengan banyak perusahaan-peruhaan besar yang telah terkoneksi dengan JVClub.

cavallo3

Nampaknya, JVClub berani memberikan klaim bahwa perusahaan-perusahan besar seperti Indomart, Alfamart, Alfamidi, Brastagi, GO-Pay, E-Money, Ace Harware dan lainnya telah berelasi dengan proyek scam seperti Cavallo ini. Tentunya, lagi-lagi klaim itu tidak akan pernah bisa dibuktikan. Sudah jelas, proyek Cavallo ini adalah proyek scam mengatasnamakan kripto.

 

5. Bitwalls – [bitwalls[dot]com]

Bitwalls(dot)com ini menyamarkan dirinya dengan memilih nama seperti Bitwall yang asli (bitwall.io). Startup bernama Bitwall yang asli ini adalah sebuah startup dengan network ads berbasis kripto yang telah lama berdiri sejak tahun 2013 lalu. Platform bitwall yang asli ini memberikan kesempatan kepada para publisher untuk bisa mendapatkan sejumlah bitcoin melalui jaringan periklanan mereka.

bitwall asli, network ads
Bitwall asli, dengan platform berbentuk network ads bagi publisher. Sudah berdiri sejak 2013.

Sedangkan bitwall yang palsu (bitwalls[dot]com), memberikan penawaran investasi dengan platform trading yang tidak jelas. Tidak ada kejelasan tentang siapa dibalik perusahaan yang ada di belakangnya. Sejauh ini Bitwall palsu ini memberikan iming-iming paket investasi bahkan hingga 1-2% perhari dengan jumlah yang fantastis.

Bitwalls palsu
Bitwalls palsu, sengaja membuatt nama yang mirip. Modus ini sudah umum dipakai para scammer. Menariknya, dugaan terkuat scammer dibelakangnya dari orang Indonesia, dan menyusur korban dari orang Indonesia.

Tentu saja, hal tersebut sungguh tidak masuk akal, belum lagi dengan janji referal berjenjang hingga sampai 7 level. Sungguh jelas, penawaran seperti ini adalah penawaran dengan skema piramida belaka, dengan menggunakan topeng embel-embel bitcoin saja.

korban bitwall palsu
Sungguh miris, karena Bitwall palsu ini banyak memakan korban dari Indonesia. Namun justru mengukuhkan dugaan kuat bahwa scammer dibelakangnya adalah dari orang Indonesia sendiri.

Dari sini, anda dapat melihat pola scammer akan berupaya untuk menyamarkan secara sengaja untuk menggunakan nama baik nama proyek scamm dan website mereka dengan nama-nama proyek asli yang telah ada. Hal ini memang digunakan sebagai topeng untuk mengelabui mangsa-mangsanya.

whois bitwall
Sudah umum, penawaran investasi berskema ponzi untuk menyembunyikan diri.

Melihat dari rilis member yang dipampang di situsnya, nampak member-member di dalamnya kebanyakan dari orang-orang indonesia. Kuat dugaan EB di sini bahwa orang dibelakangnya adalah dari buatan orang Indonesia sendiri.

6. Octoin – [octoin(dot)com]

Masih bermodus sama, Octoin juga menggunakan penyamaran dengan memilih nama proyek yang mirip dengan Octocoin asli. Octocoin yang asli, adalah sebuah proyek altcoin baru yang mulai diperkenalkan pada tahun 2014 lalu di Bitcointalk, dengan mainsite foundationnya di octocoinfoundation.org.

Octocoin asli
Octocoin yang asli, sudah diperkenalkan sejak 2014 lalu di bitcointalk.

Sedangkan Octoin, menggunakan nama palsu Matt Blunt sebagai pendiri yang beralamat di London. Tidak hanya itu, pihak Octoin ini juga memberikan klaim palsu juga dengan sertifikasi perusahaan yang mengaku berada di London.

klaim octoin
Cukup menggelikan, karena Octoin ini telah memanipulasi dengan klaim telah menggunakan segwit dan bahkan lightning network.

Modusnya, sama juga, penawaran Octoin ini memberikan iming-iming bonus member dan ROI yang cukup besar. Dan yang paling menggelikan, Octoin ini mengklaim telah menerapkan Segwit dan bahkan Lightning Network. Sungguh ini adalah lelucon yang paling menggelikan.

leader Octoin
Praktek ponzy Octoin sudah banyak melibatkan leader-leader pemangsa dari Indonesia.

Setelah EB memantau langsung di situsnya, tidak sedikit pula leader-leader mereka yang berasal dari orang-orang Indonesia. Dalam praktek skema piramida, leader-leader ini memang dijadikan senjata dan ujung tombak untuk memangsa para korbannya.

7. WXCoin – wxcoins[dot]com

Agak sulit untuk mencoba membuktikan bahwa WXCoin ini adalah proyek scam, karena pada situs utamanya, pengguna langsung disuguhkan halaman pendaftaran anggota, tanpa memberikan deskripsi apapun. WXCoin ini sempat dihapus di EB, lantaran ada yang coba mengklarifikasi bahwa besaran bagi hasilnya masih realistis dan logis. Namun dalam berbagai macam bentuk promo WXCoin di berbagai media sosial, nampak tetap membuat samar modus yang digunakan untuk menjaring member baru. Seperti hadiah mobil, pendapatan jutaan rupiah per hari, dan lainnya.

Atas dasar tersebut, semakin mengukuhkan pandangan bahwa penawaran-penawaran dari pihak dan para promotor WXCoin ini patut untuk dihindari.

Dari file presentasi program berbentuk powerpoint, digunakan untuk menjaring mangsanya. Dijelaskan disana bahwa WXCoin adalah sebuah “BITCOIN AUTO SYSTEM”. Sudah umum, bahwa bisnis scam selalu saja suka mengkaitkan dengan nama “Bitcoin” untuk menjaring mangsanya.

Ada 5 pola yang ditawarkan dalam menjaring mangsanya, yakni Mining, Trading, Exchanger, Edukasi, dan Mesin Mining. Seperti yang bisa anda bayangkan, bahwa tak satupun ada yang bisa membuktikan tentang kelima pola tawaran yang di klaim itu.

  1. Mining

Sebut saja tentang mining, dimana mining itu dilakukan? Mining apa? Berapa besar perangkat yang dimiliki? Pengguna awam tidak akan pernah mengetahui hal ini, karena memang pengguna awam wajib tidak tau seluk beluk sebenarnya. Hal ini telah umum digunakan untuk proyek-proyek scam yang mengatasnamakan bitcoin dan cryptocurrency.

  1. Trading

Lagi-lagi, trading menjadi pemikat untuk menggerus mangsa dari orang-orang awam. Jika WXCoin memang menggunakan sebagai platform trading, lalu tradingnya itu trading yang bagaimana? Menggunakan platform mana? Apakah menggunakan software khusus seperti dengan klaim semboyan “BITCOIN AUTO SYSTEM”?

  1. Exchange

Nampaknya, istilah Exchange ini memang sengaja digunakan sebagai pemanis buaian saja. Karena pada file presentasi itupun tidak pernah menyinggung tentang kebenaran exchange tersebut.

  1. Edukasi

Cukup aneh saja melihat penggunaan kata “Edukasi” disini. Tidak jelas juga maksud penggunaan itu, selain edukasi untuk menjaring para mangsa lain semata. Kata “edukasi” kripto pun, menjadi kian nyentrik digunakan untuk memplesetkan edukasi kripto sebenarnya, dengan tujuan untuk menarik mangsa baru saja. Baik melalui berbagai even roadshow, pamer berderet mobil mewah, digelar di hotel-hotel berkelas, namun tanpa isi.

  1. Mesin Mining

Masih sama, tidak ada kejelasan maksud tentang mesin mining disini. Apakah disini maksudnya korban akan mendapat perangkat mining sendiri? Atau yang seperti apa. Bagi anda yang telah menjadi korban, atau calon menjadi korban, dan terlanjur berinvestasi, mungkin anda bisa menagih hal ini kepada promotor-promotor mereka.

Klaim sumber penghasilan

Dari deskripsi singkat yang diketahui dari file presentasi itu, disebutkan bahwa WXCoin hanya mendapatkan sumber keuntungan dari trading kripto semata. Jadi memang tidak pernah ada kejelasan tentang 4 tawaran lainnya.

Jika hanya mendapat sumber keuntungan dari trading saja, lantas bagaimana bisa member tetap bisa mendapatkan keuntungan berlipat? Jika pada penjelasan mereka menyebut bahwa WXCoin telah mempunyai “strategi khusus” yang ajaib. Itu hanyalah omong kosong saja, satu-satunya cara yang paling masuk akal, adalah bahwa WXCoin membayar keuntungannya dengan menggaet korban-korban baru lagi, tidak ada lain.

8. SPS Coin

SPS Coin, atau yang konon adalah kepanjangan dari Share Profit System ini bahkan sudah masuk dalam list investasi bodong dari OJK. Pendiri dari SPS ini diketahui berasal dari salah satu pendiri di Dream Freedom yang sudah diberhentikan oleh pihak berwenang.

Bulan Maret lalu, OJK juga merilis 57 entitas invenstasi bodong lainnya yang telah diperiksa oleh Satgas Waspada Investasi yang telah dilakukan hingga bulan Pebruari 2018. Jika anda belum membaca list tersebut, berikut adalah 57 entitas investasi bodong yang telah dirilis oleh OJK:

1. Global Horizon / https://globalhorizonmanagement.com (Penasihat Investasi tanpa izin)
2. Skyway Capital / www.skywaytransportstring.id (Investasi saham)
3. Financial.org (Investasi saham demam fixed income)
4. 14 Kantor Cabang Koperasi Simpan Pinjam Makmur Mandiri (Koperasi simpan pinjam)
5. Program Senja Investasi / senja.co.id (Jual beli tanah beserta pohon dengan garansi 100%)
6. Solusi Tunai / Swarna / PT Rimba Hijau Investasi (Investasi uang atau logam mulia dengan bunga 1,6-1,8 % per bulan)
7. Program Hibah Anthoni Salim oleh Agus Santoso dan Nilia Salim (Program hibah dana simpanan yang mengatasnamakan Anthoni Salim)
8. Rejeki Marketing / PT Sumber Mulya Sentosa (Paket kebutuhan sehari-hari dengan manfaat hemat 50% dan manfaat tambahan berupa komisi. Adapun bisnis lainnya antara lain transportasi online, layanan pemesanan travel & wisata, dan online marketplace)
9. www.mpulsa-ind.com (Penjualan pulsa secara multi level marketing (MLM) tanpa izin)
10. PT Maestro Digital Telekomunikasi / Maestro Pulsa / www.maestroreborn.com(Penjualan pulsa secara multi level marketing (MLM) tanpa izin)
11. Coinpulsa.com (Penjualan pulsa secara multi level marketing (MLM) tanpa izin)
12. www.pointpulsa.com (Penjualan pulsa secara multi level marketing (MLM) tanpa izin)
13. PT Eljhon Digital Finance (Zimple Pay) (Aplikasi sistem pembayaran dengan cara multi level marketing (MLM) tanpa izin)
14. Black Tuma (Penjualan produk sabun dan masker arang “Black Tuma” secara MLM tanpa izin)
15. PT Arbiel Sinar Berkah Sejahtera (MLM tanpa izin)
16. clicknshare/clickandshare (Menawarkan virtual currency (e-coins))
17. Markas Mavrodian Manado (MMM) (Jual beli “Uang Mavro” dengan keuntungan mencapai 30% per bulan)
18. Aladin Capital / Aladin Coin / www.aladincoins.com (Jual beli cryptocurrency)
19. BTC Panda / btcpanda.com (Jual beli cryptocurrency)
20. Hero Token / https://herotoken.io (Jual beli cryptocurrency)
21. Hextra Coin / https://hextracoin.com (Jual beli cryptocurrency)
22. Matadors Coin / https://www.matadorscoin.io (Jual beli cryptocurrency)
23. Near Plus Coin (NPC) (Jual beli cryptocurrency)
24. Zapphire Coin (www.zapphirecoin.com / www. Zapphirecoin.net / www. Zapphirecoin.org) (Jual beli cryptocurrency)
25. PT Djohan / www.djohancapital.co.id (Pelatihan/workshop/trading forex tanpa izin)
26. PT Best Profit / www.profitbpf.com (Investasi forex tanpa izin dengan duplikasi website PT Bestprofit Futures (www.bestprofit-futures.co.id))
27. PT Royal Trust / www.pt-royaltrust.com (Investasi forex tanpa izin dengan duplikasi website PT Royal Trust Futures (www.royalfx.co.id))
28. PT Pacific Futures / www.pasificfutures.com (Investasi forex tanpa izin dengan duplikasi website PT Pacific 2000 Futures (https://p2000f.co.id))
29. PT Trading Solid Gold Futures / www.trading-sg.com (Investasi forex tanpa izin dengan duplikasi website PT Solid Gold Berjangka (www.sg-berjangka.com))
30. www.investasimaxcofutures.com (Investasi forex tanpa izin dengan duplikasi website PT Maxco Futures)
31. www.monexinvestindofutures.cf (Investasi forex tanpa izin dengan sistem profit sharing dan duplikasi website PT Monex Investindo Futures)
32. www.profitbpf.net (Investasi forex)
33. https://www.instagram.com/bestfrofit/?hl=en (Investasi forex)
34. https://www.facebook.com/pg/bpfforex/posts/?ref=page_internal (Investasi forex)
35. www.investasisg.com (Investasi forex dengan fixed income)
36. https://www.esuninternasionalutama.id (Paket investasi forex yang menjanjikan)
37. https://olymptrade.id (Trading opsi biner)
38. https://olymptrade.com (Forex trading)
39. https://fbs.forex/ (Forex trading)
40. https://www.gainscopefx.com (Forex trading)
41. https://www.ecnpro.com (Forex trading)
42. https://fxmax.id/ (Forex trading)
43. https://www.interbankpro.com/ (Forex trading)
44. https://ww.euromaxfx.com (Forex trading)
45. Insta Forex / https://www.ifxid.com (Forex trading)
46. IB Insta Forex/ https://www.ifxid.co.id/(Forex trading)
47. Proinsta – IB InstaForex Indonesia (IB Terbaik InstaForex)/ https://www.proinsta.com/(Forex trading)
48. Insta Forex/ https://www.ifx.web.id/ (Forex trading)
49. IB Insta Forex/ https://www.jayafx.com/(Forex trading)
50. https://octaidn.id/ (Forex trading)
51. https://octaidn.com (Forex trading)
52. https://beritaforex.com/ (Berita forex trading)
53. PT Traders Family International / https://tradersfamily.co.id/ (Konsultan forex)
54. https://fxchartists.com (Seminar trading)
55. https://gkinvest.co.id/ (Futures trading)
56. https://fxpro-indonesia.com (Futures trading)
57. https://gainmax.id (Futures trading fixed income)

Sumber: OJK


Recent update:
– 14 Maret 2018, menambahkan CavalloCoin dan WXCoin
– 24 Maret 2018, menambahkan Bitwalls dan Octoin
– 7 April 2018, menambahkan kembali WXCoin, yang sebelumnya sempat dihapus dengan adanya klarifikasi. Namun ternyata klarifikasi tersebut tidak berdasar dan tidak terbukti. WXCoin tetap menggunakan penawaran-penawaran menggiurkan.
– 7 April 2018, menambahkan SPSCoin, dan beberapa penawaran investasi lain yang berkaitan dengan dunia kripto, berdasarkan rilis investasi bodong dari OJK

 

24 Comments

Add a comment