Bagaimana Awal Mula Istilah HODL Muncul Pertama Kali

Bagaimana Awal Mula Istilah HODL Muncul Pertama Kali

Komunitas
August 28, 2018 by adi
433
Anda tentu sering mendengar atau membaca istilah HODL dalam dunia kripto. Namun anda perlu mengetahui apa itu HODL sebenarnya dan bagaimana muncul pertama kali. Lagi-lagi, karena bitcoin jugalah istilah tersebut muncul dan menjadi populer di dunia kripto.
Awal Mula Istilah HODL Muncul Pertama Kali

Apa itu HODL?

Awal mula istilah HODL muncul pertama kalinya berawal pada tanggal 18 Desember 2013. Peristiwa itu bermula dari posting seseorang dengan nickname GameKyuubi di forum bitcointalk. Posting tersebut dengan judul I AM HODLING.

Di dalam postingnya itu, Kyuubi sendiri menerangkan bahwa ada kesalahan dalam tulisannya, dari yang semestinya “I AM HOLDING” dituliskan menjadi “I AM HODLING”. Meski begitu, belum diketahui secara pasti apakah kesalahan typo tersebut disengaja atau tidak.

i-am-hodling
Posting Kyuubi di forum Bitcointalk

Kyuubi menjelaskan bahwa dirinya bukanlah seorang trader atau spekulan bitcoin yang baik dan pandai. Oleh sebab itu, pilihan terbaik bagi dirinya ketika pasar bitcoin sedang turun, adalah dengan tetap menyimpan (holding) sejumlah bitcoin miliknya, dibandingkan untuk menjualnya.

Menurutnya, para trader atau spekulan hanya akan bisa punya kesempatan untuk mencuri keuntungan jika pengguna menjual bitcoin di saat harga sedang turun. Kyuubi menilai hal itu sebagai sebuah kesalahan besar.

Dalam hal ini kita dapat melihat bahwa sebenarnya pengguna bitcoin cenderung akan bertolak belakang dengan perilaku para spekulan atau trader yang umumnya banyak memanfaatkan kondisi dari orang-orang yang awam terhadap dunia bitcoin.

Istilah HODL Dilandasi Saat Harga Bitcoin Turun

Pada sekitar bulan Desember di tahun 2013 itu, harga bitcoin memang sedang turun. Seminggu sebelumnya, harga bitcoin saat itu berkisar USD 1.200. Namun pada tanggal 17 Desember, harga bitcoin turun hingga menyentuh harga USD 610 saja.

Penurunan harga bitcoin saat itu bahkan berkisar dari yang semula naik hingga 1200 persen, menjadi turun sampai 700 persen. Pengguna bitcoin saat itu mengalami situasi panik mendalam dengan turunnya harga bitcoin yang cukup drastis. Sehingga banyak yang memutuskan menjual bitcoin di harga yang rendah.

Padahal, sejumlah kondisi yang menjadi landasan fundamentalnya juga cukup bagus. Saat itu di Jerman, bitcoin dianggap sebagai sebuah mata uang yang sah, dan dianggap sebagai “private money”. Sedangkan layanan ZipZap meningkatkan layanannya di UK untuk tahun 2014. Belum lagi telah ada 12.000 restauran di US yang telah menerima pembayaran dengan bitcoin, dan juga eBay yang telah menerima Bitcoin sebagai alat pembayarannya.

Namun lagi-lagi ulah para spekulan besar (whales) seperti JP Morgan yang saat itu sudah memainkan perannya untuk mempengaruhi perilaku pasar melalui celotehnya tentang bitcoin. Perilaku spekulan, akan berusaha mempengaruhi pasar dan menciptakan ketakutan untuk pengguna.

HODL Mulai Populer Menjadi Meme

Sejak posting Kyuubi di bitcointalk tersebut, istilah HODL menjadi cukup populer. Banyak bertebaran pula meme dengan latar belakang pasukan Spartan ataupun gambar pasukan Skotlandia ala “the Braveheart” dengan tulisan “HODL” di dalamnya.

Lambat laun, istilah HODL pun dituliskan di Wikipedia. Dengan menerangkan bahwa istilah HODL pada dasarnya adalah sebuah istilah gaul ataupun meme di dunia kripto, menjelaskan pilihan untuk lebih baik menyimpan kripto ketimbang menjualnya.

HODL Bukanlah Akronim “Hold on for dear life”

Ada akronim lain dari HODL yang berasal dari “Hold on for dear life”. Namun HODL di dunia kripto bukanlah untuk akronim tersebut. HODL di dunia bitcoin lebih bersifat pilihan dan ajakan pengguna bitcoin untuk lebih baik menyimpan ketimbang menjualnya, demi keuntungan yang jauh lebih besar di masa mendatang.

Add a comment