Menu

Bikin Token Pakai Blockchain NEM, Yuk

  Dibaca : 488 kali
Bikin Token Pakai Blockchain NEM, Yuk

Cara bikin token itu rumit dan memusingkan? Ya, jikalau bagi sebagian orang yang enggan melakukan coding. Kalau mau lebih cepat dan mudah cara bikin tokennya, silahkan pakai blockchain NEM dengan NanoWallet. Karena sifatnya corporate-grade, membuat token dengan blockchain NEM, secara praktis tidak sampai 30 menit.

BAGIAN PERTAMA | Pembuatan Wallet XEM di NanoWallet

  1. Unduh terlebih dahulu NanoWallet dari nem.io/downloads. Dalam hal ini saya menggunakan versi Universal Client, yang dapat dibuka di Chrome atau Firefox. Terdapat satu versi, yakni executable file, tetapi hanya bisa diinstal di komputer berbasis 64-bit, tetapi langkahnya serupa.
  2. Ekstrak file NanoWallet-2.0.14.zip dan buka file Start.html dari folder NanoWallet-2.0.14. Pastikan dibuka di Chrome atau Firefox, bukan Internet Explorer.exploler
  3. Pada tampilan awal, klik Sign Up di sudut kiri atas laman.new nem
  4. Pada langkah berikutnya, klik tombol Simple Wallet sebagai jenis wallet Anda.new nem-wallet
  5. Klik Ready pada laman berikutnya.
  6. Pada laman berikutnya, Anda diminta memilih jaringan Mainnet, Testnet, atau Mijin. Pilihan Mainnet, token akan berjalan di jaringan utama, di mana token benar-benar memiliki nilai (value) dan siap ditransaksikan atau digunakan dalam proyek Anda dan menggunakan XEM sungguhan sebagai koin transaksi. Sedangkan Testnet akan dijalankan di jaringan demo alias ujicoba. Jadi, token yang Anda buat tidak memiliki nilai sama sekali, tetapi tetap dapat ditransaksikan antara address NEM/XEM yang juga di jaringan serupa. Koin yang digunakan juga XEM testnet/demo. Sedangkan Mijin, jaringan khusus private yang dibuat sebagai hasil kerjasama perusahaan Mijin di Jepang dengan NEM Foundation, Singapura. Dalam tutorial ini kita menggunakan jaringan Testnet.Bikin Token - testnet
  7. Jadi, pilihlah Testnet dan klik Next.
  8. Pada tampilan berikutnya ketikkan nama wallet Anda, misalnya TokenTestNet lalu klik Next.
  9. Ketikkan password dan confirm, lalu klik Next.Bikin Token0
  10. Klik Start, lalu tunggu hingga proses pembuatan Private Key selesai. Disarankan menggerakkan kursor mouse agar mempercepat prosesnya, hingga bar hijau 100 persen dan muncul notifikasi Done, lalu klik Understood.Bikin Token 1Bikin Token 2
  11. Berikutnya Anda diwajibkan mengunduh file .wlt yang berisikan informasi wallet baru Anda beserta Private Key-nya. File ini penting untuk melakukan login dan mengamankan akun Anda. Jadi, pastikan aman dan lakukan pencadangan.Bikin Token 3
  12. Setelah itu klik tombol I have my wallet file.
  13. Walaupun pada file wlt sudah tersimpan Private Key, Anda disarankan mencadangkannya secara manual. Untuk itu klik Show Private Key. Salin private key dan simpan ke file notepad.Bikin Token-create account
  14. Klik tombol I have my private key and password, lalu klik tombol Agree pada langkah berikutnya.
  15. Kemudian Anda diminta login. Pilih nama Wallet yang Anda buat sebelumnya dan masukkan password, lalu klik Sign In, hingga Anda berada di tampilan awal NanoWallet.

Baca juga: Cara Membuat Cryptocurrency sendiri

BAGIAN KEDUA | Deposit XEM ke NanoWallet

Untuk proses membuat token di NEM, diperlukan biaya 100 XEM per tahun untuk sewa NameSpace dan 10 XEM per tahun untuk Mosaic. Untuk setidaknya ada perlu 200 XEM untuk pembuatannya, karena diperlukan pula biaya transaksi untuk mengirimkan token tersebut. Ingat, karena kita berjalan di jaringan Tesnet, maka XEM yang didepositkan harus XEM versi Testnet, yang tidak memiliki nilai. Untuk mendapatkan XEM versi testnet, dapat memintanya di Grup Telegram NEM atau melalui Faucet XEM Testnet ini: http://namuyan.dip.jp/nem/testnet/index.php.

  1. Sekarang lakukan deposit 200 XEM (versi demo alias Tesnet) ke NanoWallet. Untuk melihat alamat wallet Anda, klik Account di sudut kanan atas. Address yang saya miliki: TCKFER-RMFOEA-Z4DMLK-LIISSS-UFYAUF-5B5NUW-DP36. Address yang berada pada jaringan TestNet, selalu diawali dengan huruf “T” sedangkan Mainnet diawali dengan huruf “N”.
  2. Pada langkah ini, saya mengasumsikan Anda telah memiliki deposit yang cukup. Saat ini di NanoWallet saya punya 500 XEM.

BAGIAN KETIGA | Pembuatan Namespace

Namespace dalam terminologi Blockchain NEM adalah ibarat wadah tempat token yang akan dibuat. NEM sendiri adalah sebuah namespace untuk xem, dengan nomenklatur lengkapnya: nem:xem.

  1. Klik menu Services di bagian atas, lalu klik Create new namespace di bagian Namespaces & Subdomains. Di bagian Namespace, ketikkan nama yang Anda inginkan, masukkan password lalu klik Register.
  2. Klik Dashboard, lalu lihat ada transaksi pembuatan Namespace yang baru bernama “eb” pada Tab Confirmed.

BAGIAN KEEMPAT | Pembuatan Mosaic

Token dalam sistem Blockchain NEM disebut sebagai Mosaic. Mosaic inilah yang akan menempati namespace “eb” yang telah ada sebelumnya. Anda dapat membuat Mosaic yang tak terbatas dengan satu namespace saja.

  1. Klik Services, lalu klik Create Mosaic dari bagian Mosaics.
  2. Pada tampilan berikutnya, pastikan Parent Namespace yang akan digunakan adalah “eb”.
  3. Isikan nama token yang Anda inginkan, misalnya “ebtoken” di baris Mosaic name dan isi deskripsi seperlunya.
  4. Di sisi kanan, Mosaic Properties, ketik jumlah suplai maksimal token, misalnya 1 miliar unit di bagian Initial Supply.
  5. Jika Anda ingin menambahkan pecahan desimal, isikan di baris Divisibility. Dalam langkah ini saya saya tak ingin ada desimal alias bilangan bulat.
  6. Centang Transferable agar token Anda memungkinkan ditransfer.
  7. Jika di masa depan Anda tidak ingin mengubah supply token, maka hilangkan tanda centang dari pilihan Mutable supply.
  8. Jika dalam transaksi memerlukan semacam fee atau pajak, Anda bisa centang Requires levy. Dalam langkah ini saya tidak memerlukan levy.
  9. Masukkan password dan klik tombol Send.
  10. Klik Dashboard dan perhatikan terdapat transaksi pembuatan mosaic/token yang baru. Jikalau belum terkonfirmasi, maka masih terlihat di tab Unconfirmed. Proses ini biasanya tak berlangsung lama, bergantung pada node Blockchain NEM yang sedang aktif atau akses Internet Anda.
  11. Jika transaksi telah terkonfirmasi, klik Explorer dari bagian atas untuk melihat namespace dan mosaic yang telah dibuat sebelumnya. Ini artinya sudah tersimpan penuh di jaringan Testnet Blockchain NEM.
  12. Untuk memastikan namespace dan mosaic terlihat di jaringan publik Blockchain NEM, gunakan Testnet Explorer: http://bob.nem.ninja:8765/ dan masukkan address wallet Anda. Di sana Anda dapat melihat keseluruhan transaksi termasuk bahwa address Anda tersebut telah memilliki namespace dan mosaic.

BAGIAN KELIMA | Mengirim token

Sekarang kita telah memiliki token baru bernama “ebtoken” dan siap untuk ditransfer. Karena token ini dibuat pada jaringan Testnet, maka hanya dapat dikirim ke address XEM yang juga berjalan di Testnet. Saya sarankan buat wallet baru dan buka pada browser di tab yang berbeda.

  1. Siapkan address yang menjadi tujuan transfer, lalu klik Send dari bagian atas.
  2. Masukkan address di baris To dan centang Mosaic Transfer.
  3. Di bagian Currency, pilih eb:ebtoken, lalu klik tombol Attach.
  4. Di bagian bawah kemudian muncul Mosaic Attached, lalu isi jumlah ebtoken yang akan dikirimkan, misalnya 10.000.000 unit.
  5. Masukkan Password dan klik Send.
  6. Klik Dashboard, lalu lihat status pengiriman, hingga berada di tab Confirmed.
  7. Anda perhatikan 10 juta ebtoken berhasil ditransfer antar wallet yang berbeda.
  8. Pastikan juga di wallet tujuan apakah 10 juta ebtoken sudah sampai.
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional