Bitcoin Core Versi 0.18 Masih Tahap Uji

Bitcoin Core Versi 0.18 Masih Tahap Uji

News
March 8, 2019 by Edukasi Bitcoin
526
Beberapa hari lalu sudah muncul salah satu calon varian Bitcoin Core Baru, versi 0.18.0. Ada cukup banyak perubahan jika dibandingkan dengan versi 0.17.0 sebelumnya.
Bitcoin Core Versi 0.18

Bitcoin versi 0.18 bakal segera diluncurkan. Namun sampai sejauh ini, rilis versi 0.18 tersebut masih bersifat untuk percobaan saja sebelum nantinya diputuskan untuk segera dirilis. Ada beberapa perubahan yang nampak sedang dipersiapkan di versi baru ini.

Beberapa perubahan yang nampak di salah satu kandidat versi baru ini juga akan menyangkut hingga interface Bitcoin Core. Misalnya saja ada satu tambahan menu di atas yang letaknya akan sejajar di menu File, Setting, dan juga menu Help.

Selain itu di fitur “pay only the required fee” saat hendak membuat transaksi dihilangkan. Sebagai gantinya, pengguna dapat lebih mudah dengan fitur untuk menggeser nilai fee yang ditentukan untuk besaran fee transaksi yang akan digunakan.

Perubahan paling mendasar adalah adanya perubahan request dengan perintah “getblocktemplate”. Jika sebelumnya perintah ini dapat dieksekusi secara umum oleh node di ekosistem pertambangan, kini perintah tersebut kian diperjelas untuk menyesuaikan dengan implementasi Segwit yang telah aktif di Bitcoin.

Hal ini berarti, ketika node meminta detail informasi block tertentu, request getblocktemplate tersebut mungkin akan gagal, jika tidak sesuai dengan standar aturan di Segwit. Perubahan ini nampaknya untuk memperluas adopsi Segwit di dalam jaringan.

Masih banyak juga beberapa perubahan yang ditawarkan, misalnya juga dengan opsi aktifasi BIP61 yang juga sudah dijalankan di versi Bitcoin Core 0.17 saat ini. Fungsi di fitur mengaktifkan BIP61 tersebut dapat digunakan untuk menolak pesan.

Fitur untuk reject sebuah pesan tersebut dianggap tidak krusial dan dipandang tidak perlu di dalam jaringan. Oleh sebab itu setting default versi Bitcoin Core 0.18 nantinya dinonaktifkan. Meskipun demikian, node juga dapat mengaktifkan fitur tersebut sendiri, jika memerlukan.

Add a comment