Menu

Bitcoin Makin Bersinar Pasca Segwit

  Dibaca : 366 kali
Bitcoin Makin Bersinar Pasca Segwit

Meski di awal tahun 2018 mengalami pasang surut mendalam, kini Bitcoin makin bersinar pasca segwit yang telah diaktifkan sejak Nopember tahun lalu. Segregated witness atau yang disingkat dengan segwit ini telah mulai banyak diadopsi di ekosistemnya.

Aktivasi segwit memang sejak awal digadang-gadang mampu membuahkan rententan pengembangan kedepan bitcoin. Perdebatan soal skalabilitas yang lama berkelanjutan berharap bisa diminimalisir dengan segwit ini.

Saat perdebatan skalabilitas bitcoin memuncak pada tahun lalu dan membuahkan forking bitcoin menjadi beberapa varian, nampaknya perlahan ekosistemnya melihat sendiri hasilnya. Dengan segwit, implementasi lightning network pun mulai berjalan, dan bahkan telah ada ratusan node di dalam jaringan ofchain tersebut.

Skalabilitas bitcoin, pada dasarnya dialami juga pada semua cryptocurrency. Skalabilitas, menjadi persoalan yang nyata dalam dunia kripto secara umum. Terkait dengan hal ini, bahkan internetpun telah gagal untuk menyelesaikan skalabilitas semenjak puluhan tahun lalu ditemukan di tahun 1969. Namun justru nampak dunia kriptolah yang berusaha untuk dapat memecahkan dengan meminimalisir hal tersebut.

Sementara itu, tingkat adposi segwit berdasarkan database di bitcoincore.org, telah ada 22 ekosistem yang terdiri dari penyedia wallet baik cold wallet ataupun hot wallet, exchange, mining pool, dan lainnya yang telah mengadopsi segwit. Sedangkan 88 lainnya sudah siap untuk diaplikasikan, 22 masih proses pengembangan, dan 24 ekosistem berencana untuk mengembangkan dan mengadopsi juga.

adopsi segwit di ekosistem bitcoin

Adopsi Segwit di berbagai elemen ekosistem bitcoin. (sumber: bitcoincore.org)

Beberapa exchange seperti Bitfinex, kemarin juga telah mengumumkan secara resmi hasil implementasi pengadopsian Segwit. Adopsi Segwit tersebut, dilakukan untuk bisa menurunkan biaya transaksi bitcoin, dan mempercepat proses transaksi. Namun tentu saja, segwit memang menjadi dasar pijakan implementasi lightning network juga selanjutnya.

Beberapa exchange lain seperti Luno, Colibit, HitBTC, Walltime, ShapeShift, Paxful, OpenBazaar, Lykke, Kraken, Gemini, GateCoin, CryptoBG, Conio, Coinfalcon, CoinCheck, BTCTurk, BTCC, Bitstamp, Bittylicious, Bitsquare, Bitso, Bitelon, Bitbank Jepang, juga telah siap mengimplementasikan segwit.

Tidak hanya dari exchange, beberapa elemen ekosistem bitcoin juga telah banyak yang siap dan berencana untuk mengadopsi. Baik dari pool mining, penyedia wallet, platform game, prosesor payment, operator atm, vendor atm bitcoin, remittance, dan bahkan beberapa broker seperti Magnr, Cixbg, Bity, Hardblock, dan SimpleFX juga ada yang telah siap, dan ada yang berencana untuk mengadopsi segwit. (adi)

Editor:
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional