Bitfury Gunakan Lightning Network Melalui Paytomat | Edukasi Bitcoin

Bitfury Gunakan Lightning Network Melalui Paytomat

Bitfury Gunakan Lightning Network Melalui Paytomat

Bitcoin News
December 6, 2018 by adi
224
Kemitraan yang sudah terjalin antara Bitfury dengan Paytomat akhirnya membuah hasil. Bitfury sengaja mengandeng Paytomat untuk mengimplementasikan Lightning Network Bitcoin agar bisa digunakan sebagai alat pembayaran riil di aplikasi Paytomat.
Bitfury Gunakan Lightning Network

Bitfury Group, ternyata sudah menjalin kemitraan secara khusus dengan salah satu prosesor pembayaran, Paytomat. Kemitraan antara keduanya itu adalah untuk mengimplementasikan Lightning Network Bitcoin sebagai media alat pembayaran.

Sejak pertama berdiri di tahun 2011, Bitfury group tidak hanya aktif sebagai vendor ASIC atau perangkat keras penunjang pertambangan saja, melainkan juga untuk piranti-piranti lunak. Salah satunya, Bitfury juga membuat LightningPeach, yang spesifik untuk eksplorasi Lightning Network.

Dengan kemitraannya bersama Paytomat, adalah agar Lightning Network ini bisa diimplementasikan pada aplikasi wallet digital Paytomat dan juga aplikasi merchant mereka. Sehingga pengguna maupun pedagang melalui aplikasi Paytomat dapat menerima dan mengirim pembayaran menggunakan Lightning Network dengan waktu yang jauh lebih cepat.

Peluncuran hasil kerjasamanya tersebut dipublikasikan melaui blog Lightning Peach 29 November lalu di Medium. Pavel Prikhodko, selaku pimpinan di Lightning Peach mengatakan, “Peluncuran Lightning Network memungkinkan konsumen di seluruh dunia menggunakan kripto untuk melakukan transaksi pembelian sehari-hari,” ungkapnya.

Pavel juga menerangkan bahwa kemitraannya dengan Paytomat membuatnya selangkah lebih dekat untuk membuat simpul-simpul terminal layanan pembayaran kripto yang lebih mudah digunakan menggunakan Lightning Network.

Senada dengan Pavel, Yurii Olentir, pendiri sekaligus CEO Paytomat memberikan komentarnya, “Pelaku bisnis bersedia untuk menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran, dan pengguna kripto juga mau untuk bisa membayar dengan Bitcoin,” terangnya.

Lebih jauh Yuri mengatakan bahwa kemitraannya dengan Bitfury membuat implementasi Lightning Network menjadi peluang agar pembayaran menjadi lebih cepat dan efisien.

Implementasi pembayaran menggunakan Bitcoin melalui Lightning Network akan terus berlanjut. Tentu saja apa yang dilakukan oleh Bitfury dan Paytomat bukanlah menjadi yang pertama. Sudah ada sekian banyak implementasi Lightning Network dalam membuat alat pembayaran Bitcoin menjadi lebih mudah digunakan.

Sebut saja seperti Eclair, plugin wordpress bitcoin menggunakan Lightning Network yang pernah dirilis Blockstream, aplikasi micropayment bitcoin yang juga dirilis blockstream juga telah ada sebelumnya. OpenNode juga belum lama ini meluncurkan layanannya menggunakan Lightning Network.

Sejauh ini, salah satu hambatan terbesar implementasi Lightning Network menjadi cukup banyak diadopsi oleh perusahaan-perusahaan penyedia layanan sebagai pihak ketiga. Adopsi masif yang dapat dilakukan tersebut akan membuka inovasi-inovasi baru yang makin membuat Lightning Network bitcoin mampu digunakan menjadi lebih mudah.

 

Add a comment