Menu

Blockchain Karaoke, Lagu Balada Kehilangan Private Key Bitcoin

  Dibaca : 231 kali
Blockchain Karaoke, Lagu Balada Kehilangan Private Key Bitcoin

Kreatif, unik, dan sekaligus lucu, mungkin ungkapan itu yang anda lontarkan setelah melihat video Blockchain Karaoke. Meski hanya mendapat jumlah viewer yang sedikit, namun video yang diunggah oleh Mikeinspace di youtube pada 23 Pebruari itu tetap menarik untuk disimak.

Lagu parodi balada itu bercerita tentang seorang temannya, Tone Veys, yang digambarkan kehilangan private key bitcoin miliknya, namun belum diketahui secara pasti, apakah ia memang benar-benar kehilangan private key itu atau tidak.

Dari lagu parodi itu, mungkin bisa menjadi gambaran yang pas bagaimana seseorang yang tiba-tiba lupa, atau kehilangan private key bitcoinnya. Lirik-lirik yang ditulis di lagu itu nampak memang sengaja dibuat seperti parodi atas nasib naas yang menimpa sosok Tone Veys, di lagunya.

Good morning, you’re Tone Vays
You wake up, and Bitcoin’s slipped away
And suddenly, it’s hard to find
The private keys you left behind
Remember
Do you remember?

Cerita dari berbagai penjuru dunia tentang orang-orang yang lupa maupun kehilangan private key telah banyak kita baca. Namun pada dasarnya, tidak dapat dibuktikan apakah benar orang tersebut telah kehilangan private key tersebut.

Di dalam bitcoin, tidak ada cara yang bisa mengetahui sejumlah bitcoin itu apakah telah hilang atau tidak. Bitcoin tidak pernah hilang, sejumlah bitcoin itu akan tetap berada di dalam blockchain. Jika ada yang kehilangan private key, bukanlah berarti bitcoin itu hilang, sejumlah bitcoin itu tetap ada, hak akses mutlaknya (private key) yang telah hilang.

Private key itu, digunakan sebagai sebuah kunci akses mutlak yang hanya diketahui oleh pemiliknya yang otentik saja, bukan orang lain. Lantas bagaimana membuktikan bahwa seseorang yang mengatakan telah kehilangan bitcoin? Tidak ada satupun cara untuk membuktikan itu.

Sampai sejauh ini, tidak bisa dipastikan dan dapat dilihat secara valid berapa jumlah bitcoin yang tidak dapat diakses oleh pemiliknya. Tidak juga bisa diketahui berapa puluh atau ratus orang yang mengaku telah kehilangan bitcoin.

Karena tidak bisa dibuktikan secara valid, maka bisa saja kemungkinan orang itu telah berbohong. Pengalaman-pengalaman ini tentu bisa dijadikan sebuah pelajaran penting, jika kita sering mendengar seseorang yang mengaku telah kehilangan bitcoinnya. Kalaupun private key itu telah hilang ataupun lupa, tidak ada cara apapun untuk bisa mengembalikan, ataupun membuat duplikasi private key itu, tidak ada.

Editor:
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional