BTCPay Siap Luncurkan Atomic Swap Tahun 2019 Ini | Edukasi Bitcoin

BTCPay Siap Luncurkan Atomic Swap Tahun 2019 Ini

BTCPay Siap Luncurkan Atomic Swap Tahun 2019 Ini

Bitcoin News
January 11, 2019 by adi
1234
BTCPay Server, salah satu prosesor pembayaran Bitcoin alternatif bakal siap untuk implementasikan Atomic Swap di platformnya. Salah satu pengembangnya, Nicolas Dorier, mengatakan bahwa fitur tersebut untuk menunjang pengembangan fitur Crowdfunding di BTCPay.
BTCPay Siap Luncurkan Atomic Swap

Penggagas buku Pemprograman Blockchain, Nicolas Dorier, menyatakan bahwa BTCPay siap luncurkan Atomic Swap tahun ini. Saat diwawancarai di Bitcoinist, Nicolas Dorier menyatakan bahwa fitur Atomic Swap tersebut bakal membuat BitPay terlihat makin usang.

Nicolas Dorier sendiri memang salah satu pengembang BTCPay Server. BTCPay Server ini adalah salah satu prosesor pembayaran Bitcoin alternatif. BTCPay Server adalah sebuah proyek open source dan bersifat self-host.

Di sekitar bulan Agustus tahun 2017, Nicolas memang sempat mengkritik BitPay karena dianggap telah berbohong saat pihak BitPay menyatakan untuk implementasi Segwit di platformnya. Sejak saat itu, dirinya mulai membuat tandingan dengan BTCPay.

Memberikan komentar di Bitcoinist, Nicolas mengatakan bahwa BitPay tidak sungguh-sungguh dalam hal penanganan Bitcoin pengguna di platform mereka. Menurutnya, membuat BTCPay Server sendiri justru lebih mudah jika dibandingkan dengan proses KYC BitPay.

BitPay sendiri memang memberikan fitur agar pengguna bisa menukarkan kripto mereka dengan mata uang fiat. Namun, menurut Nicolas, fitur itu bahkan jauh lebih baik dilakukan pada platform lain, seperti Coingate, Globee, OpenNode, Coinify, ataupun yang lain.

Terkait dengan opsi penukaran kripto untuk mata uang fiat, bersama pengembang BTCPay lainnya, RockstarDev, fitur itu masih dalam proses pengembangan. Meski pengembangan itu dirasa masih membutuhkan waktu panjang, namun kompetisinya akan jauh lebih baik.

Salah satu proyeksi terdepan di BTCPay adalah untuk lebih banyak memberikan sumbangsih pada komunitas Bitcoin secara umum. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memberikan solusi untuk komunitas agar bisa mengatasi masalah censorship pengguna kripto.

Oleh sebab itu, visi utama BTCPay memang lebih spesifik menjadi sebuah prosesor pembayaran tanpa harus melalui pihak ketiga.

Hal lain yang sudah diimplementasikan di BTCPay adalah Lightning Network. Nicolas menyatakan bahwa opsi pembayaran dengan Lightning Network di BTCPay sudah berfungsi dengan baik. Ia sendiri menyebut bahwa sudah cukup banyak yang menggunakan pembayaran dengan Lightning Network itu.

Proses pembuatan node Lightning Network juga dapat dilakukan hanya dengan satu klik saja. Kemudahan tersebut tentu diiringi dengan pengetahuan dan wawasan pengguna terkait dengan fitur Lightning Network.

Lebih khusus terkait dengan pengembangan Bitcoin di tahun 2019, secara pribadi Nicolas cukup tertarik dengan implementasi Atomic Swap. Sedangkan pengembangan lain di BTCPay adalah sebuah fitur untuk bisa menggelar Crowdfunding. Di fitur ini, sekaligus akan menggunakan fitur Atomic Swap di dalamnya.

Menurutnya, pengembangan berbagai macam fitur di BTCPay sendiri tidak banyak bergantung pada rencana jangka pendek ataupun jangka panjang. Pengembang di BTCPay melihat sampai dimana fitur itu dianggap menarik dan bisa diimplementasikan sekaligus.

Add a comment