Menu

Cara Menambang Bitcoin dengan ASIC Miner

  Dibaca : 1591 kali
Cara Menambang Bitcoin dengan ASIC Miner

Cara Menambang Bitcoin dengan ASIC Miner. Bisa dikatakan, menambang Bitcoin dengan ASIC manjadi satu cara yang masih bisa dilakukan. Jika dibandingkan dengan menggunakan CPU Mining, GPU mining, atau bahkan menggunakan SmartPhone.

Mengapa demikian, karena daya hashrate perangkat CPU/GPU atau SmartPhone tersebut bisa dikatakan terlalu kecil dibandingkan dengan kebutuhan listrik yang dipakai. Belum lagi dengan pengeluaran untuk koneksi internetnya.

Meski pertambangan Bitcoin menggunakan CPU/GPU/SmartPhone masih bisa dilakukan, namun juga lebih beresiko. Daya komputasi yang kecil, biaya listrik yang mungkin tidak mencukupi dengan hasil yang didapat, dan juga resiko perangkat kita menjadi rusak. Karena perangkat yang kita gunakan dipaksa bekerja dengan berat. Jika hal ini dilakukan terus menerus tanpa terkontrol, maka hardware perangkat kita bisa overheat dan rusak.

Alangkah lebih baiknya, jika anda sudah mengetahui lebih lanjut tentang apa itu menambang bitcoin, perkembangan perangkat menambang, tingkat kesulitan menambang, dan juga pengetahuan tentang apa itu solo mining dan pool mining.

Jika anda masih belum mengetahui tentang apa itu ASIC miner bisa dibaca pada artikel Efisiensi Menambang Bitcoin Dengan ASIC, dan juga Produsen ASIC.

Perangkat Yang Dibutuhkan

  • ASIC Miner
  • Software. Bisa menggunakan CGMiner atau BFGMIner
  • Kalkulator Menambang Bitcoin, untuk mengetahui gambaran hasil menambang Bitcoin yang bisa didapatkan berdasarkan pada daya komputasi perangkat ASIC Miner yang kita gunakan.
  • Pendingin Tambahan, bisa menggunakan kipas tambahan (hanya jika dirasa dibutuhkan).
  • Wallet Bitcoin, sebagai tempat menerima pembayaran hasil menambang.
  • Akun pool mining, bisa menggunakan slush pool, atau pool mining lainnya.

Cara Menambang Bitcoin Dengan ASIC Miner

Berikut adalah cara menambang Bitcoin dengan ASIC Miner. Pastikan anda telah mengunduh software CGMiner atau BFGMiner terlebih dahulu.

  1. Koneksikan perangkat ASIC Miner ke komputer/laptop
  2. Jika anda sudah mengetahui tentang type dan berapa daya komputasi ASIC Miner yang dimiliki, anda bisa coba kalkulasikan hasil Bitcoin yang akan diperoleh menggunakan Kalkulator Menambang Bitcoin.
  3. Koneksikan ASIC ke pool Mining. Jika belum mempunyai akun pool mining, bisa registrasi terlebih dahulu di slush pool.
  4. Konfigurasi pool mining. Konfigurasi umum yang biasa dibutuhkan adalah address server pool dan port, username “worker”, dan Password, dan juga Address wallet Bitcoin. Pada slush pool, berikut adalah konfigurasinya:

URL: stratum+tcp://stratum.bitcoin.cz:3333
user name: userID.workerName
password: anything

  1. Buka Software CGMiner atau BFGMiner.
  2. Masukkan address pool, port, username, dan pasword mining anda pada software tersebut.
  3. Jalankan software tersebut untuk memulai menambang bitcoin.

Sekarang anda sudah mengetahui cara menambang Bitcoin dengan ASIC Miner. Jika anda berniat untuk melakukan pertambangan bitcoin dengan cloud mining. Pastikan anda sudah membaca beberapa hal yang harus anda ketahui pada artikel Waspada Cloud Mining Mencurigakan.

KOMENTAR

17 Komentar

  1. Ajieb
  2. andre
  3. Ridwan
  4. Andre
  5. Shiro
  6. Sepada
  7. Muhammad Fauzi
  8. Muhammad iqbal
  9. yusuf
  10. Himawan saputro

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional