Cloudflare Luncurkan Gateway IPFS Terdesentralisasi | Edukasi Bitcoin

Cloudflare Luncurkan Gateway IPFS Terdesentralisasi

Cloudflare Luncurkan Gateway IPFS Terdesentralisasi

News
September 18, 2018 by adi
480
Provider CDN (content Delivery network) terkemuka, Cloudflare, meluncurkan Gateway IPFS baru yang diberinama Gateway IPFS Cloudflare. Gateway IPFS dari Cloudflare ini merupakan gateway konten terdesentralisasi yang mengadopsi teknologi dunia kripto.
Cloudflare Luncurkan Gateway IPFS Terdesentralisasi

Gateway IPFS – Cloudflare, provider Content Delivery Network (CDN) besar berbasis di Amerika ini meluncurkan Gateway IPFS (InterPlanetary File System). Pengumuman tersebut dirilis melalui situs blog resminya kemarin.

Pihak Cloudflare menerangkan bahwa Gateway IPFS tersebut adalah salah satu saja dari beberapa proyek lain yang proyeksikan mampu mencakup semua untuk menyebarkan teknologi distributed ledger (DLT).

Yang menjadi cukup menarik, bahwa dengan Gateway IPFS Cloudflare tersebut, pengguna tidak harus menjalankan program di perangkat komputer khusus. Dengan menggunakan tipologi jaringan peer-to-peer pada IPFS, Gateway itu digadang-gadang mampu menyajikan akses yang lebih cepat. Selain itu ditunjang juga dengan keamanan yang tinggi.

Selama ini untuk mengakses sebuah situs web akan berusaha untuk melacak asal server sebagai penyaji data kontennya. Dilanjutkan kemudian dengan mengirim permintaan dari komputer pengguna ke server pusatnya tersebut. Baru kemudian server mengirim konten kepada komputer pengguna.

Proses selama ini sudah berjalan dengan baik selama beberapa dekade. Namun hal ini dianggap mempunyai nilai kerugian besar. Server terpusat tentu akan dihadapkan pada posisi bahaya tertentu setiap saat. Misalnya saja seperti potensi terjadinya serangan peretas, resiko bencana alam, atau hal lainnya.

Dengan berbagai potensi merugikan tersebut, server terpusat juga tidak bisa menjamin keutuhan konten sepenuhnya. Penggunaan InterPlanetary File System secara peer-to-peer bisa memecahkan permasalahan itu.

IPFS ini adalah sistem file menggunakan tipologi jaringan peer-to-peer yang dijalankan dari ribuan komputer di seluruh dunia. Masing-masing perangkat komputer tersebut menyimpan data jaringannya. File tersebut pun bisa berbagai macam, bisa berupa file gambar, model 3D, lagu, video atau apapun juga.

Pihak Cloudflare mengatakan bahwa dengan IPFS tersebut, semua orang dapat menyimpan konten apapun secara gratis. Hal itu dapat dilakukan, karena semua perangkat komputer yang telah terdaftar di IPFS ini dapat berfungsi sebagai sebuah simpul node sebagai penyaji datanya kemudian.

 

 

Add a comment