David Chaum Bikin Cryptocurrency Kembali, Elixxir | Edukasi Bitcoin

David Chaum Bikin Cryptocurrency Kembali, Elixxir

David Chaum Bikin Cryptocurrency Kembali, Elixxir

Altcoin News
September 20, 2018 by adi
2472
Salah satu pentolan Cypherpunk, David Chaum, kembali dengan meluncurkan Elixxir. David Chaum ini adalah pendiri ECash, yang banyak memberikan inspirasi dunia kripto sebelum Bitcoin. Elixxir yang baru diluncurkan ini adalah sebuah varian kripto baru.
David Chaum Bikin Cryptocurrency Kembali Lagi Dengan Elixxir

Sosok David Chaum sudah tidak asing lagi di dunia kriptografi. Selain orang lama di komunitas Chyperpunk, David Chaum juga telah banyak menorehkan sejarah. Kiprahnya dalam perjalanan panjang sistem pembayaran elektronik berbasis kriptografi menjadi dasar pijakan yang juga penting.

Kali ini David Chaum kembali meluncurkan varian kripto baru yang disebut dengan Elixxir. Dengan pengalamannya yang memang sudah banyak makan garam. Pengalaman Chaum di teknologi sistem pembayaran elektronik sudah lebih dari 30 tahun. Dan sampai saat ini pun Chaum pun tetap dijalur kriptografi dalam kriptonya.

Elixxir dibangun dengan tetap menggaungkan bagaimana perihal kecepatan, privasi, serta meminimalisir skalabilitas, serta juga berupaya untuk lebih resisten terhadap potensi bencana di masa depan.

Pada proyeknya saat ini, Chaum nampak sama dengan mengedepankan persoalan privasi. Hal itu cukup mirip dengan apa yang telah ditorehkannya pada masa lalu melalui ECash. ECash ini adalah nama unit mata uang digital dari Perusahaan DigiCash yang dibangun Chaum.

Apa  yang disebut dengan “Blind Signature” dari Chaum, telah menjadi proposal sistem pembayaran tunai digital pertama. Blind Signature dapat berfungsi agar transaksi dapat berjalan dan bersifat anonim, sebagai perlindungan untuk penggunanya.

Oleh karena Blind Signature tersebutlah, David Chaum ini mendapat julukan sebagai “bapaknya anonimitas online”. Tidak hanya itu, Blind signature juga tahap awal untuk meminimalisir double spend.

Masalah privasi ini juga lebih ditekankan di dalam Elixxir. Privasi memegang kunci penting sebagai pondasi untuk memperkuat masalah keamanan. Menyangkut soal privasi tersebut, node di dalam jaringan Elixxir menggunakan “Mixnodes”.

Pola MIxnodes ini digunakan dengan melakukan komputasi multi-party dalam memproduksi setiap block baru. Menurut Chaum, seperti yang dikatakannya di Coindesk, komputasi secara multy-party ini dapat menjadi jalan terbaik dalam menggapai privasi yang sesungguhnya.

Sedangkan soal kecepatan, Chaum memberikan komentarnya di Coindesk. Ia mengatakan bahwa sistem pembayaran elektronik saat ini dinilai masih belum kompetitif jika dibandingkan dengan Visa, Paypal, atau pembayaran digital besar lain.

Terkait denggan perihal kecepatan transaksi itu, Chaum mengatakan bahwa Elixxir kurang lebih seribu kali lebih cepat dari varian blockchain lain. Hal itu dapat dilakukan karena di dalam platform Elixxir mempunyai metode lain untuk menangani operasi dengan public key. Sehingga teknisnya proses transaksi dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Add a comment