Menu

Deklarasi Panmunjom Dibukukan Di Blockchain Ethereum

  Dibaca : 136 kali
Deklarasi Panmunjom Dibukukan Di Blockchain Ethereum

Deklarasi Panmunjom yang dilakukan Jumat di penghujung April lalu (27/04/18), menjadi tonggak sejarah antara Pemerintah Korea Selatan dengan Korea Utara. Hal itu mengingat untuk pertama kalinya, pertemuan antara Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dengan Presiden Korea Utara Kim Jong-un sepakat untuk sepenuhnya melucuti senjata nuklir di Semenanjung Korea demi misi perdamaian kedua negara setelah 65 tahun.

Menariknya lagi, bahwa Deklarasi Panmunjom tersebut, telah dibukukan di blockchain Ethereum tepat pada saat peristiwa penandatanganan perjanjian tersebut. Adalah Ryu Gi-hyeok, lelaki paruh baya berusia 27 tahun asal Korea Utara yang membukukan peristiwa bersejarah tersebut.

Dilansir dari Coindesk, bahwa Ryu Gi-hyeok adalah seorang pengembang game. Ryu sengaja memasukkan teks deklarasi tersebut ke dalam blockchain Ethereum, dengan tagline khusus bertuliskan “Tidak akan ada perang lagi di Semenanjung Korea”.

Baca Juga: TD Ameritrade Selipkan Iklan Melalui Transaksi Bitcoin

“Saya berpikir, telah memakan waktu begitu lama bagi Korea Selatan dan Utara untuk dapat menemukan jalan satu sama lain … Sebagai seorang developer, saya coba untuk mencari cara agar dapat bisa berkontribusi atas peristiwa bersejarah itu. Setelah saya menemukan teks deklarasi Panmunjom di halaman Blue House, kemudian saya rekam di Ethereum.”

Dituliskan di Coindesk, bahwa Ryu terinspirasi oleh aktivis pada peristiwa MeToo Movement di China. Salah satu aktivis tersebut bergerak melawan aksi pelecehan yang viral di bulan Oktober 2017 saat terungkap lusinan wanita yang menuduh Harvey Weinstein melakukan pelecehan seksual selama 30 tahun. Aktivis itu, juga membukukan momen perlawanan dengan hastag “metoo” ke dalam blockchain, agar tetap tersimpan abadi.

etherscan-deklarasi

Teks Deklarasi Panmunjom yang telah tersimpan dan dibukukan ke dalam Blockchain Ethereum oleh Ryu Gi-hyeok. Anda bisa melihatnya sendiri disini.

Upaya yang dilakukan oleh Ryu, sontak mendapat banyak pujian, terutama dari berbagai universitas yang ada di China. Mereka banyak menyuarakan dukungan tersebut yang juga menggunakan blockchain sebagai medianya.

Masih di bulan April sebelumnya, ada juga salah satu perusahaan broker bernama TD Ameritrade yang membubuhkan iklan ke dalam Blockhain Bitcoin. Nampaknya, upaya-upaya semacam ini bakal menjadi trend tersendiri yang mungkin akan ditempuh oleh berbagai kalangan.

Editor:
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional