Dua Token Berbeda Dari Afincoin | Edukasi Bitcoin

Dua Token Berbeda Dari Afincoin

Dua Token Berbeda Dari Afincoin

Kanal AFIN
February 13, 2019 by adi
347
Jika sebuah platform umumnya lebih banyak menggunakan satu token saja, maka Afincoin ini memiliki dua token yang berbeda, yakni Afin dan AfinS.
token-afincoin

Afincoin sengaja membuat dua token yang berbeda, yakni token Afin dan AfinS. Token Afin dibuat dengan standar token ERC20 dari Ethereum, sedangkan AfinS dibuat dari platform Stellar. Kedua token tersebut memang difungsikan secara berbeda di Afincoin.

Landasan untuk menggunakan dua token berbeda ini lantaran standar token ERC20 dari Ethereum sejauh ini membutuhkan biaya transaksi yang cukup mahal. Jika transaksi yang dilakukan menggunakan biaya transfer kecil, akan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama.

Hal lainnya adalah karena umumnya token ERC20 tidak begitu baik untuk dipergunakan sebagai transaksi pembayaran. Masalahnya harga tersebut menjadi cukup fluktuatif.

Atas dasar itulah pihak pengembang memilih menggunakan satu token tambahan, yakni AfinS yang dibangun dari Stellar. Token AfinS ini tidak diperdagangkan di bursa, dan hanya dipergunakan sebagai penstabil harga saja.

Selain itu, token yang dibangun di Stellar ini tidak memerlukan biaya transaksi. Dengan kecepatan transaksi yang dapat dilakukan sekitar 3-5 menit saja, maka token ini menjadi cukup fleksibel digunakan.

afin2Lebih detailnya, berikut masing-masing fungsi dari kedua token tersebut:

Token Afin

Token Afin merupakan token utilitas sebagai token utama di dalam Afincoin. Token ini dapat ditransfer secara mudah, dan bisa diperdagangkan di beberapa bursa yang ada saat ini. Afin dapat digunakan sebagai akses pemilik token dalam melakukan transaksi.

  • Sebagai token utilitas
  • Diperdagangkan di bursa
  • Bisa ditransfer antar pengguna
  • Bisa ditukar ke dalam token AfinS

Token AfinS

Token AfinS adalah token turunan yang dibangun menggunakan Stellar Consensus Protocol (SCP). Secara khusus, AfinS dibuat sebagai token yang stabil, untuk meminimalisir fluktuasi harga token dari ERC20. Singkat kata, token ini menjadi alat pembayaran yang dipergunakan di dalam platform Afincoin.

  • AfinS tidak dijualbelikan di bursa
  • Berfungsi sebagai stabilisator harga
  • Dapat diperoleh dengan menukar Afin menjadi AfinS di wallet yang tersedia
  • Sebagai alat pembayaran
  • Dapat digunakan untuk menerima dan melakukan pembayaran untuk pengguna lain di Afincoin.

Penukaran Afin

Acuan harga untuk token AfinS ini adalah 100 AfinS = 1 USD. Untuk mendapatkan token ini, pengguna bisa menukar Afin ke dalam token AfinS dengan acuan harga tersebut.

Dua token yang dibangun tersebut dipergunakan untuk memberikan nilai lebih bagi pengguna Afincoin. Jika sebuah platform hanya memiliki sebuah token saja dengan harga yang fluktuatif, maka dapat menimbulkan ketidaknyamanan untuk pengguna.

Add a comment