ETF Bitcoin Berakhir Sudah, Justru Makin Bagus? | Edukasi Bitcoin

ETF Bitcoin Berakhir Sudah, Justru Makin Bagus?

ETF Bitcoin Berakhir Sudah, Justru Makin Bagus?

News
January 24, 2019 by adi
409
Pengajuan proposal ETF BItcoin berakhir sudah terkait dengan penutupan pemerintahan AS. Bursa CBOE BZX memutuskan untuk menarik kembali proposal tersebut tertanggal 22 Januari. Dan kemudian diteruskan dengan rilis dari pihak SEC terkait dengan hal tersebut di hari Rabu.
ETF Bitcoin Berakhir Sudah, Justru Makin Bagus?

Hari Rabu kemarin (23/1/19), proposal terakhir pengajuan ETF Bitcoin dari SolidX Bitcoin Shares pada akhirnya ditarik kembali lantaran ditutupnya Pemerintah AS yang berlaku sejak 22 Desember tahun lalu. Banyak pihak kemudian menilai bahwa hal ini juga akan berimplikasi pada pengajuan ETF lain seperti Bakkt dan juga ErisX.

Bursa CBOE BZX memutuskan untuk menarik kembali proposal tersebut tertanggal 22 Januari. Dan kemudian diteruskan dengan rilis dari pihak SEC terkait dengan hal tersebut di hari Rabu. Perusahaan VanEck yang berada dibelakan pendirian SolidX menyebut penarikan itu hanyalah bersifat sementara.

Sementara CEO VanEck, Jan Van Eck saat memberikan komentarnya di Coindesk, mengatakan bahwa pihaknya selama ini telah cukup aktif berkomunikasi dengan pihak regulator untuk membangun frame pasar untuk aset digital secara umum.

Penutupan Pemerintahan AS atau “Shutdown” itu dianggap berdampak besar hingga pihak SEC tidak bisa memberikan kepastian untuk menerima atau menolaknya. Bahkan sebelumnya, SEC sendiri memang sudah beberapa kali menunda putusan tersebut.

“Jadi, SEC dipengaruhi karena adanya shutdown … kami terlibat dalam diskusi dengan SEC tentang masalah-masalah terkait bitcoin, custodian, manipulasi pasar, harga, dan hal itu harus dihentikan. Jadi, alih-alih mencoba menyelinap atau sesuatu, kami hanya meminta aplikasi itu ditarik dan kami akan mengajukan kembali agar selanjutnya bisa kembali dan diskusi jika SEC sudah kembali berjalan. ”

Sejauh tentang kabar penarikan itu dilakukan beredar, banyak pihak yang mempertanyakan ikwal sebenarnya. Tidak lain, apakah proposal ETF Bitcoin itu ditolak karena harga bitcoin, atau mungkin karena hal lain.

Terkait hal tersebut, Van Eck menjelaskan bahwa dirinya sudah mempertanyakan hal tersebut, hanya memang pihaknya jelas tidak bisa untuk mengadakan pertemuan apapun karena ada Shutdown pemerintahan AS.

Berbeda dengan sekian banyak asumsi yang beredar, tidak sedikit pula dari komunitas kripto yang menilai bahwa penarikan, atau bahkan penolakan ETF Bitcoin sebenarnya menjadi kabar yang baik. Landasan tersebut karena selama ini, konsentrasi pengguna lebih banyak tersedot dengan harapan ETF Bitcoin. Ketika ETF Bitcoin pada akhirnya ditolak, ditarik kembali, justru hal itu tidak akan membuat kabar negatif lain yang kerap kali muncul selama ini.

Add a comment