Mendekati Golden Cross, Siap Menuju Bull Market Bitcoin | Edukasi Bitcoin

Mendekati Golden Cross, Siap Menuju Bull Market Bitcoin

Mendekati Golden Cross, Siap Menuju Bull Market Bitcoin

News
February 23, 2019 by adi
366
Harga Bitcoin mulai perlahan pulih. Crypto Crew University Menyebut sudah mendekati momen Golden Cross yang menandakan pola Bull Market Bitcoin.
Bull Market Bitcoin

Di awal tahun 2019 harga Bitcoin dan hampir sebagian pasar kripto lain masih belum mampu untuk kembali pulih. Namun kondisi ini mulai nampak akan mulai berubah. Analis dari Crypto Crew University pada video yang diunggah di channel Youtube 13 Februari lalu, indikasi menuju Golden Cross semakin dekat.

Pola Golden Cross tersebut menunjukkan sudah ada bull market yang nampak di depan mata. Di dalam dunia trading, Golden Cross merupakan sebuah pola breakout bullish. Pola ini dapat terbentuk dari adanya perlintasan antara Moving Average dengan periode rendah ke atas Moving Average dengan periode yang lebih tinggi.

Singkat kata, Golden Cross ini menandakan bahwa bull market Bitcoin sudah ada di depan mata. Di dalam tayangan video itu, disebut bahwa di dalam pasar cryptocurrency, rata-rata pergerakannya umumnya dapat menggunakan evaluasi golden cross dengan MA 50 dan MA 200 hari.

Alasannya, time frame itu sudah dianggap waktu yang cukup dan penting untuk bisa melihat gambaran pergerakan pasar ke depan. Terutama jika hanya melihatnya dari jarak time frame yang lebih pendek, atau singkat.

Di dalam videonya dia mengatakan, “Golden Cross menandakan hari pertama bull market. Sekaligus menandakan bahwa tren turun sudah berakhir,” tegasnya. Dalam pandangan Crypto Crew, peristiwa munculnya Golden Cross tidak sering terjadi.

Pada dunia trading secara umum, ada dua penanda baik Golden Cross dan juga Death Cross. Sedangkan Death Cross, tentu saja memberikan penanda pola yang kebalikan dari Golden Cross. Terkait dengan pola Death Cross ini, kita sudah melihatnya pada bulan April 2018 yang lalu.

Pada gambar chart di atas, kita dapat melihat Death Cross Bitcoin yang pernah terjadi di sepanjang bulan Maret – April 2018. Dalam chart tersebut, harga Bitcoin sebelumnya berupaya untuk menembus MA 200. Namun upaya tersebut terbukti tidak berhasil. Artinya upaya untuk mempertahankan tren bull market saat itu juga tidak berhasil. Yang terjadi kemudian mulailah pola bear market, dan dimulai dengan Death Cross itu.

Sedangkan untuk contoh Golden Cross Bitcoin, Bitcoin juga pernah menunjukkannya di sekitar bulan Juni tahun 2015 silam. Dan saat itu dimulai rely tren harga naik.

Dari gambar diatas kita dapat melihat pola Golden Cross untuk melihat tren harga naik yang kuat. Bagaimanapun, tentu perlu dijadikan catatan, bahwa tidak akan ada indikator atau pola yang benar-benar absolut. Kita hanya dapat membuat sebuah pendekatan saja.

Pendekatan tersebut misalnya dengan melihat chart seperti diatas. Dalam chart itu, ada MA 50 palsu yang seakan menunjukkan ada tren turun kembali, namun tidak melintas di MA 200. Yang terjadi kemudian terjadi ada tren harga naik dengan intensitas yang tinggi.

Dilihat dari chart saat ini, Crypto Crew juga melihat ada pola yang sama akan terjadi. Posisi chart Bitcoin saat ini sudah dekat menuju ke arah Golden Cross tersebut.

Landasan yang digunakan oleh Crypto Crew tidak lain adalah bahwa saat ini Bitcoin telah mencapai titik level terendahnya. Di dalam pandangannya, kemungkinan Golden Cross tersebut akan muncul pada akhir bulan Maret mendatang. Sebagai bahan alternatif kemungkinan lain, jika pola bull market itu tidak terjadi di penghujung Maret, mungkin akan bergeser hingga di sekitar bulan Oktober atau November. Indikasi ini nantinya akan cukup banyak bergantung dari capaian level terendah yang memungkinkan dapat terjadi.

Add a comment