Gregory Maxwell Putuskan Kembali ke Bitcoin

Gregory Maxwell Putuskan Kembali ke Bitcoin

Komunitas
January 19, 2018 by adi
20
Salah satu developer Bitcoin, Gregory Maxwell putuskan kembali ke bitcoin setelah mengundurkan diri dari Blockstream. Keputusannya tersebut disampaikan melalui forum developer bitcoin di linuxfoundation.org siang tadi. Di dalam pemberitahuannya tersebut, Greg Maxwell menyatakan bahwa dirinya sudah berhenti dari Blockstream sejak bulan Nopember tahun lalu. Namun, butuh waktu hingga bulan Desember untuknya agar bisa benar-benar dapat
Gregory Maxwell Putuskan Kembali ke Bitcoin Setelah Berhenti di Blockstream

Salah satu developer Bitcoin, Gregory Maxwell putuskan kembali ke bitcoin setelah mengundurkan diri dari Blockstream. Keputusannya tersebut disampaikan melalui forum developer bitcoin di linuxfoundation.org siang tadi.

Di dalam pemberitahuannya tersebut, Greg Maxwell menyatakan bahwa dirinya sudah berhenti dari Blockstream sejak bulan Nopember tahun lalu. Namun, butuh waktu hingga bulan Desember untuknya agar bisa benar-benar dapat melepaskan diri dari lembaga tersebut.

Pihak Blockstream sendiri, mengumumkan secara resmi pengunduran diri Greg Maxwell, seorang yang juga sebagai salah satu pendiri Blockstream sejak awal, dan menjadi CTO disana. Sebagai alasannya, Greg ingin agar bisa lebih fokus pada pengembangan bitcoin, terutama untuk lebih meningkatkan kriptografi di dalamnya, baik dalam protocol, maupun perihal privasi dan teknologi keamanannya.

Semenjak ia lebih banyak bekerja di blockstream ketimbang di Bitcoin saat itu, Greg sudah berkontribusi banyak hal, termasuk terlibat dalam membangun sidechain, confidential transactions (transaksi dengan privasi tinggi), confidential assets, brainchild, dan juga Satelit Blockstream.

kontribusi Gmaxwell di Bitcoin
Kontribusi Gmaxwell di Bitcoin selama ini

Pengembang core bitcoin, memang banyak yang juga masuk di Blockstream, hal itulah yang membuat sedikit permasalahan, lantaran pengembang yang masuk di Blockstream dianggap lebih banyak waktu tersita ketimbang pengembangan untuk Bitcoin itu sendiri. Begitupun juga dengan Gregory Maxwell, meskipun kontribusi di Bitcoin juga tidak sedikit.

Dituliskan di emailnya, ada kekhawatiran tentang menurunnya investasi di teknologi bitcoin semenjak ia bergabung di Blockstream. Menurutnya, Bitcoin telah mempunyai komunitas dengan dukungan pengembang teknis yang cukup sehat, namun kurang banyak mendapat dukungan industri seperti halnya pada yang dimiliki oleh Linux. Ia menyebut, bahwa tanpa dukungan finansial, proyek pengembangan Bitcoin menjadi sulit dilakukan. Selama ini, pengembangan bitcoin dianggap relatif lebih stagnan. Termasuk dengan munculnya varian core yang kemudian muncul, hingga meruncing dengan munculnya forking bitcoin.

Sementara itu, semangat pendirian Blockstream, awalnya adalah dengan pemikiran untuk dapat membantu pengembangan Bitcoin. Blockstream dibangun sebagai sebuah institusi yang lebih kea rah pengembangan teknologi-teknologi berbasi kripto, yang kemudian diharapkan bisa membantu persoalan finansial dalam pengembangan Bitcoin. Namun nampaknya, Blockstream pun banyak mendapat kritikan tajam dari komunitas Bitcoin.

Maxwell sendiri, cukup kesulitan untuk membagi waktu antara pekerjaan non-profit di Bitcoin, dengan yang harus dikerjakannya di Blockstream, belum lagi waktu untuk keluarga dan kepentingan lainnya. Harapannya kembali ke Bitcoin, untuk dapat menemukan hal-hal menarik di bitcoin yang bisa ia kerjakan tanpa harus berurusan dengan banyak staff, dan pengembangan aplikasi blockchain untuk bisnis di Blockstream.

Keputusan Gregory Maxwell untuk kembali pun lantas disambut oleh komunitas bitcoin. Peter Todd, melalui akun twitternya, menuliskan kembalinya Greg Maxwell. Peter tidak menyalahkan Greg sama-sekali, menurutnya menjalankan bisnis memang cukup melelahkan, dan agak mengganggu. Kembalinya Greg Maxwell pun menjadi kabar baik untuk komunitas bitcoin.

(adi)

Add a Comment