Lukisan Hal Finney Dari Lembaran Dolar | Edukasi Bitcoin

Lukisan Hal Finney Dari Lembaran Dolar

Lukisan Hal Finney Dari Lembaran Dolar

Komunitas
November 16, 2018 by adi
243
Lukisan yang satu ini cukup unik, karena menggunakan lembaran uang dolar kertas sebagai bahan bakunya. Lukisan ini dibuat oleh Pascal Boyart, salah satu seniman kripto yang memang kerap membuahkan karya-karya seni kripto menarik.
Lukisan Hal Finney Dari Lembaran Dolar

Lukisan berjudul “Dollars Hal Finney” ini cukup menarik lantaran menggunakan lembaran uang dolar sebanyak USD 400 sebagai bahan utamanya. Dibuat oleh seorang seniman kripto asal Perancis bernama PascalBoyart. Karyanya ini ditujukan untuk mengenang sosok Hal Finney yang cukup banyak berkontribusi untuk Bitcoin.

Hal Finney, adalah sosok yang kerap dihubungkan dengan pemilik nama pseudonym Satoshi Nakamoto. Di dalam dunia Bitcoin, peran dan sumbangsih Hal Finney sendiri sudah cukup banyak. Finney menjadi cukup sering berdiskusi dengan Satoshi Nakamoto saat Bitcoin pertama kali diperkenalkan.

Tidak hanya Finney, PascalBoyart juga membuat untuk beberapa seri lukisan bertajuk “Who’s Satoshi?”. Beberapa tokoh yang diambil selain Hal Finney adalah Nick Szabo, dan juga Dorian Nakamoto. Ketiga seri di lukisan tersebut sama-sama menggunakan lembaran uang dolar sebagai media utamanya.

Di dalam lukisannya, PascalBoyart menggunakan lembaran uang dolar sebanyak USD 400 lebih, terdiri dari lembaran USD 1, 5, 10, 20, 50, dan juga 100.  Lembaran uang dolar kertas itu kemudian di robek-robek menjadi potongan-potongan kecil, dan direkatkan pada kanvas.

Lukisan seri siapa Satoshi dengan sosok Hal Finney itu dijual seharga kurang lebih 74,4 juta rupiah. Sebelumnya, karya-karyanya itu sempat dipamerkan di Bitcoin Art Revolution yang digelar di Paris pada bulan September lalu.

Dad, what’s money?

Sejauh ini, PascalBoyart cukup banyak dikenal dengan karakter lukisan pointilisme di banyak karyanya. Tidak sedikit pula dari karyanya yang bertemakan dunia kripto. Salah satu karya pointilis yang cukup menarik untuk dinikmati adalah berjudul “Dad, what’s money?”, dituliskan dalam bahasa Perancis yakni “Papa, C’est Quoi L’argent?”.

Add a comment