Ironis, Ethereum Menjadi Platform Scammer | Edukasi Bitcoin

Ironis, Ethereum Menjadi Platform Scammer

Ironis, Ethereum Menjadi Platform Scammer

News
February 19, 2019 by adi
411
Ethereum menjadi platform paling mujarab bagi para scammer. Modus menggunakan ICO menjadi jalan paling mujarab sebagai modus operandi, memanfaatkan mudahnya bikin token menggunakan Ethereum. Data dari hasil laporan Chainalysis, total dana yang raib di tahun 2018 naik dua kali lipat lebih menjadi USD 36 juta.
Ethereum Menjadi Platform Scammer

Chainalysis, di dalam laporannya pada 23 Januari lalu, mengungkap bahwa Ethereum menjadi platform scammer paling ideal. Fakta yang ditunjukkan benar-benar mencengangkan. Kenyataannya ada peningkatan jumlah angka penipuan melalui Ethereum dari tahun 2017 sampai tahun 2018.

Peningkatan jumlah penipuan ditahun 2017 berkisar USD 17 juta, sedangkan di tahun 2018 naik dua kali lipat lebih sebesar USD 36 juta. Di tahun 2018, nilai peningkatan aksi penipuan menggunakan Ethereum meningkat sampai 75 persen. Dari keseluruhan total penipuan yang terjadi, selama ini melibatkan hingga 2.000 address Ethereum.

Pihak Chainalysis di dalam laporannya telah melakukan riset dari tahun 2016 sampai akhir tahun 2018. Ada beragam modus yang telah dipergunakan selama ini, mulai dari phising, skema ponzi, dan yang paling marak dilakukan kemudian adalah dengan menggunakan skema melalui ICO (Initial Coin Offerings).

Perubahan modus yang umumnya dilakukan melalui phising, ponzi dan lainnya seakan menemukan alternatif yang jauh lebih baik dan efektif. Modus yang paling mujarab akhirnya tidak lain adalah alih-alih menawarkan proyek ICO di sepanjang tahun 2018.

chainalysis2Chainalysis melaporkan fakta tersebut, terbukti bahwa di tahun 2018 jumlah penipuan melalui modus phising turun hingga 50%. Metode baru yang paling banyak digunakan adalah bermetamorfosis dalam proyek-proyek ICO.

ICO memang dipandang sebagai cara yang paling efektif untuk meraup pundi-pundi jutaan dolar. Dan oleh sebab itulah di tahun 2018 justru tersebut, ICO yang banyak menggunakan Ethereum justru menjadi sarang baru para scammer. Dari keseluruhan proyek-proyek ICO, 82 persen dibuat menggunakan Ethereum.

chainalysisTerkait dengan modus ICO Ethereum menjadi platform scammer ini, ada data serupa yang dirilis oleh salah satu perusahaan analisis kripto serupa, Ciphertrace. Dari hasil laporan tersebut, kurang lebih  USD 725 juta yang sudah raib di tahun 2018. Keseluruhan total dana yang raib itu dilakukan melalui skema ponzi, maupun juga juga proyek-proyek ICO yang menipu.

Skema ponzi digandeng dengan proyek ICO, adalah perpaduan yang pas bagi para scammer. Baik perorangan, hingga perusahaan besar pun tertarik untuk membuat proyek baru melalui ICO. Secara khusus, proyek-proyek ICO ini dipandang sebagai salah satu potensi yang menghawatirkan.

Menjadi cukup menghawatirkan, karena potensinya menjadi ancaman yang cukup nyata bagi ekosistem dunia kripto. Banyak orang akan berfikir dunia kripto lebih banyak dipenuhi oleh konsep-konsep bodong semata, dan berimbas pada menurunnya tingkat kepercayaan di masyarakat.

(Gambar grafik: Chainalysis)

Add a comment