Lelang Karya Cryptograffiti Dijual Dengan Harga Terendah

Lelang Karya Cryptograffiti Dijual Dengan Harga Terendah

Lelang Karya Cryptograffiti Dijual Dengan Harga Terendah

Bitcoin
December 23, 2018 by adi
302
Lelang karya Cryptograffiti kali ini dijual untuk penawar harga terendah. Berhasil menang dalam lelang itu adalah pemilik akun twitter @BTC_Spot dengan harga 1 Mili Satoshi, atau kurang lebih hanya senilai USD 0,000000037 atau kurang lebih hanya Rp. 0,00054.
Karya Seni Cryptograffiti Dijual Dengan Harga Terendah

Jika pada umumnya sebuah karya seni berupaya untuk dapat dijual dengan harga tinggi, sebaliknya salah satu karya Cryptograffiti ini dijual dengan harga terendah. Sejak lelang pertama dibuka pada 19 Desember lalu, karya mungil tersebut sudah berhasil terjual dengan harga hanya 1 mili satoshi saja.

Berhasil memenangkan lelang karya itu adalah pengguna twitter dengan nama @BTC_Spot. Harga yang berhasil dibeli untuk karya tersebut adalah senilai USD 0,000000037 atau kurang lebih hanya Rp. 0,00054. Karya Cryptograffiti tersebut diberi nama Black Swan.

Sebuah itu adalah sebuah lukisan mini dengan dimensi 3,55cm x 4,44 cm. Lukisan mini Black Swan dibuat dari pecahan-pecahan uang Dolar kertas yang disusun sedemikian rupa, dan juga menggunakan pen Cointerfeit detector ink.

Sebelumnya ada juga hasil karya dari Pascal Boy Art yang juga membuat Beberapa seri karya lukis yang dibuat dengan bahan uang Dolar. Seperti pada karya lukisan Hal Finney, dan beberapa tokoh Bitcoin lain yang terkemuka.

Sedangkan latar belakang pada lelang karya Black Swan ini tidak lain untuk mempromosikan teknologi Lightning Network Bitcoin. Dalam ciutan akun Cryptograffiti, lelang itu juga berniat untuk mengolok-olok media mainstream yang ada saat ini ketika banyak menulis tentang penurunan drastis harga Bitcoin.

Media Mainstream tersebut dianggap banyak memberikan efek ketakutan pasar, ketimbang menilik bagaimana teknologi inovatif yang sedang dibangun. Selain itu, pihaknya juga berupaya agar masyarakat luas makin mengenal bagaimana Lightning Network Bitcoin.

Black Swan

Cryptograffiti adalah sekumpulan seniman yang cukup kerap membuahkan karya-karya bertemakan Bitcoin dan Cryptocurrency lain. Cryptograffiti ini sendiri sudah mulai berdiri sejak tahun 2013 lalu. Terkait dengan Lightning Network, pihaknya menilai bahwa potensi itu cukup besar, dan selama ini sudah banyak membantunya sebagai seorang seniman.

Menurutnya, channel pembayaran untuk memproses transaksi micropayment melalui Lightning Network telah banyak membantu bagi seniman. Akunya, sejak tahun 2012 pun pihak Cryptograffiti sudah banyak dibantu dengan Lightning Network. Hingga kemudian di tahun 2013 Cryptograffiti mulai berdiri, dan banyak mempublikasikan karya-karya seni mereka.

Bagi Cryptograffiti, micropayment menggunakan Lightning Bitcoin juga sudah digunakan untuk memberikan tip pada pelanggan selama ini. Untuk mulai mengimplementasikan Lightning Network, pihak Cryptograffiti juga mendapat banyak bantuan dari pengguna bitcoin dengan akun @notgrubles.

Setup implementasi Lightning Network untuk Cryptograffiti itu kemudian memilih menggunakan standar dari C-Lightning dari Blockstream. Lambat laun, lelang karya-karyanya  kemudian bisa dengan mudah dibayarkan melalui Lightning Network Bitcoin.

Add a comment