Kementerian Keuangan Ukraina Bentuk Tim Bahas Pajak Kripto

Kementerian Keuangan Ukraina Bentuk Tim Bahas Pajak Kripto

Kementerian Keuangan Ukraina Bentuk Tim Bahas Pajak Kripto

News
October 9, 2018 by adi
201
Kementerian Keuangan Ukraina mulai membentuk dua tim untuk mengkaji penarikan pajak Kripto. Bulan September sebelumnya Parlemen Ukraina juta telah menyiapkan RUU pajak kripto.
Kementerian Keuangan Ukraina Bentuk Tim Bahas Pajak Kripto

Pemerintah Ukraina makin serius untuk merumuskan penarikan pajak kripto. Kementerian Keuangan Ukraina mulai membentuk dua tim khusus untuk mengkaji opsi-opsi penarikan pajak kripto. Informasi tersebut diumumkan resmi melalui situs resmi Kementerian Keuangan Ukraina kemarin (8/10/18).

Opsi penarikan pajak kripto tersebut terkait dengan PPN untuk pasokan produk maupun perangkat lunak. Tim tersebut dibentuk demi menyiapkan konsep pajak secara umum terkait cryptocurrency.

Masalah utama yang dihadapi terkait dengan penarikan pajak, karena kerangka hukum yang belum memadai. Terutama peraturan kripto di Ukraina masih belum diregulasikan secara pasti.

Untuk itu, dua tim yang dibentuk nantinya dapat mempersiapkan konsultasi pajak umum yang sesuai dengan kerangka hukum yang ada di Ukraina saat ini. Selain itu, menggali juga potensi merubah peraturan pajak yang ada jika diperlukan.

Hasil kajian tim khusus tersebut nantinya akan dipresentasikan di depan dewan ahli di Ukraina pada kuartal 4 tahun ini.

Sebelumnya di bulan September, Parlemen Ukraina juga telah menyiapkan rancangan undang-undang pajak kripto agar bisa segera diterapkan pada awal tahun 2024. Pada RUU Parlemen, disebutkan besaran nilai pajak sebesar 18 persen.

Tarif pajak itu berlaku sebagai tarif dasar pajak penghasilan untuk perusahaan maupun perorangan di Ukraina nantinya.

Rancangan undang-undang yang diusulkan parlemen itu diprakarsai oleh 23 pejabat pemerintah di Ukraina. Awalnya besaran nilai pajak hanya sekitar 5 persen saja. Target pajak itu diharapkan bisa mendapatkan penghasilan USD 43 juta di sektor dunia kripto.

Add a comment