Ketika Satoshi Nakamoto Palsu Dipermalukan Di Depan Publik

Ketika Satoshi Nakamoto Palsu Dipermalukan Di Depan Publik

Ketika Satoshi Nakamoto Palsu Dipermalukan Di Depan Publik

Komunitas
April 7, 2018 by adi
2385
Pada Diskusi panel Deconomy 2018 3-4 April lalu, Vitalik Buterin bertanya, “Mengapa ‘penipu’ Craig Wright itu diperbolehkan untuk berbicara di konferensi,” tanya Vitalik. Video yang mempertayangkan perdebatan antara Vitalik dan Craig itupun telah tersebar luas di youtube maupun sosial media lain.
Satoshi Nakamoto Palsu

Satoshi Nakamoto Palsu, sebutan yang kian viral untuk Craig Wright, baru-baru ini telah dipermalukan di depan publik pada event Deconomy 2018 bertempat di Seoul Korea Selatan. Event tersebut berlangsung pada 3-4 April lalu.

Sedangkan di Seoul sendiri, telah menjadi komunitas bitcoin dengan event-event aktif bitcoin meetup yang telah ada dan berjalan sejak tahun 2014. Lebih khusus pada Deconomy 2018 itu, menghadirkan 78 pembicara yang telah cukup familiar diketahui dalam dunia kripto.

Para pembicara terkenal yang hadir di acara itu seperti David Chaum, Tim Swanson, Samson Mow, Joseph Poon, Vinay Gupta, Vitalik Buterin, David Schwartz, dan puluhan pembicara lainnya. Proyeksinya, pada event itu nampak dijadikan sebagai satu event blockchain tahunan pertama terbesar yang digelar di Seoul, Korsel.

Craig Wright, Sosok Satoshi Nakamoto Palsu

Nama Craig Wright, menjadi kian populer semenjak klaim pengakuannya sebagai pemilik nama dibalik pseudonym Satoshi Nakamoto yang di publikasikan secara ekslusif hanya di beberapa media besar pilihannya saja, seperti di BBC, Economis dan GQ pada bulan Mei 2016.

Semenjak klaimnya tersebut, Craig Wright sudah mendapat banyak kritikan keras dari sebagian besar di komunitas Bitcoin. Ia dipandang sebagai sosok Satoshi Nakamoto palsu, karena tidak pernah bisa memberikan bukti yang kuat secara publik atas klaim sepihaknya. Craig Wright mudah saja untuk membuktikan jika dirinya memang benar adalah Satoshi.

Yang harus ia lakukan hanyalah dengan membubuhkan tandatangan digitalnya secara publik di block genesis. Tudingan bahwa klaim sepihaknya adalah palsu belaka makin terbukti, karena ia tidak pernah bisa membuktikan hal itu. Sedangkan pembuktian yang sempat dilakukan hanyalah mengambil hash transaksi yang pernah ada di tahun 2009. Craig Wright pun makin viral disebut sebagai seorang “Fraud” atau penipu.

Alih-alih berada di NChain, salah satu perusahaan yang ada nama Craig Wright disana, namun CW juga sudah banyak diketahui sebagai salah satu tokoh yang berada di belakang BCash (sebutan untuk Bitcoin Cash).

Di event Deconomy, dengan mempertemukan salah satu pembicara dari Blockstream, Samson Mow dan Roger Ver (yang banyak dikenal dengan promotor BCash), akan banyak memicu perdebatan lama tentang skalabilitas bitcoin. Perdebatan tersebut telah berujung dengan lahirnya BCash sebagai salah satu altcoin yang mengklaim sebagai Bitcoin Asli.

Pihak BCash, mungkin berupaya mengambil manfaat yang diharapkan bisa didapatkan dari event itu, yakni dengan menunjukkan perdebatan tentang skalabilitas bitcoin maupun Lightning Network. Dengan mencoba membangun pemahaman tentang BCash.

Saat Satoshi Nakamoto Palsu Dipermalukan di Deconomy 2018

Sayangnya, upaya tersebut justru membawa bencana, terutama saat Craig Wright justru dipermalukan oleh Vitalik Buterin. Pada Diskusi panel yang saat itu, Vitalik Buterin justru bertanya, “Mengapa ‘penipu’ Craig Wright itu diperbolehkan untuk berbicara di konferensi,” tanya Vitalik. Video yang mempertayangkan perdebatan antara Vitalik dan Craig itupun telah tersebar luas di youtube maupun sosial media lain.

Roger Ver sendiri pun sempat terlihat malu, pasalnya, sebelum Vitalik Buterin mempertanyakan hal itu, Ia sempat berupaya memuji Vitalik sebagai seorang pemikir terbaik dalam dunia kripto melalui Ethereumnya.

Tentu, Vitalik juga bukan tanpa alasan menyebut demikian. Selain karena Craig Wright tidak pernah bisa membuktikan secara valid, Vitalik juga menilai bahwa pernyataan CW banyak yang salah secara teknis. Tidak hanya Vitalik, Joseph Poon yang telah dikenal dengan memunculkan whitepaper tentang Lightning Network juga ikut angkat bicara saat itu. Poon mengatakan, “Saya menulis whitepaper Lightning Network, dan saya tetap tidak mengerti apa yang kamu bicarakan,” tegasnya.

Sesi di event tersebut kemudian disambut dengan sorak sorai peserta. Tidak lama kemudian, Samson Mow, Vitalik, dan Joseph Poon walk out dari ruangan panel. Mungkin melihat Samson Mow yang beranjak meninggalkan ruangan, Roger Ver pun akan terlihat lebih malu jika ia tetap berada disana, Ia pun ikut meninggalkan ruangan.

Charlie Lee Sejak Awal Menolak Jadi Pembicara Karena Ada Satoshi Nakamoto Palsu

Pendiri Litecoin, Charlie Lee, sejak awal memang sudah menolak untuk menghadiri event jika ada Craig Wright di event tersebut. Charlie bahkan membuat statemen di akun twitter pribadinya, menyebut Craig adalah palsu, semua pembicaraan CW tidak logis.

Charlie tidak akan pernah mau berbicara di acara konverensi apapun yang ikut mengundang Craig Wright sebagai pembicaranya.

Add a comment