Keybase, File Sharing dengan Enkripsi Blockchain

Keybase, File Sharing dengan Enkripsi Blockchain

Bitcoin
February 9, 2016 by Edukasi Bitcoin
589
Keybase, menjadi salah satu platform file sharing atau berbagi file yang telah terintegerasi dengan teknologi blockchain. Di rilis versi awalnya, Keybase memberikan layanan untuk pengguna dengan besar ruang penyimpanan hingga 10 GB.
Keybase, File Sharing dengan Enkripsi Blockchain

Keybase merupakan sebuah platfrom berbagi file dengan menggunakan enkripsi Blockchain. Sebuah platform dengan layanan file sharing berbasis kriptografi. Layanan ini merupakan sebuah sistem direktori yang diverifikasi menggunakan blockchain Bitcoin sebagai anchor key penggunanya. Dengan ini, memungkinkan orang untuk mengenkripsi file dalam folder publik maupun folder pribadi,  melalui enkripsi end-to-end yang berbasis blockchain.

Rilis versi alpha dari Keybase.io akan menawarkan penyimpanan file pada penggunanya sebesar 10GB. Kemungkinan, akan ada rencana update dan berbayar kedepannya. Menggunakan Keybase, pengguna dapat berbagi data dengan pengguna Keybase lainnya dalam mode terenkripsi untuk mengetahui bahwa konten tersebut adalah konten yang aman. Hal ini disebabkan karena key dalam konten tersebut terproses melalui hashing dalam sistem blockchain Bitcoin, dan akan tetap ada selamanya.

Keybase didirikan oleh Chris Coyne dan Maxwell Krohn, yang menciptakan startup keybase pada tahun 2014. Layanan ini berhasil mengumpulkan lebih dari $ 10 juta USD di pendanaan Seri A tahun lalu, dan telah mengembangkan aplikasi sejak itu. Saat ini, pengguna dapat dengan mudah mengenkripsi, mendekripsi dan berbagi antar akun Keybase. Selain itu, data juga dapat ditambatkan ke Twitter dan GitHub.

Melihat pola Keybase, sebenarnya website file sharing keybase.io ini mirip seperti Dropbox. Perbedaannya, Keybase dilengkapi dengan sistem keamanan berbasis kriptografi, seperti halnya Blockchain Bitcoin.

Proyek ini memiliki beberapa literatur bagi mereka yang tertarik untuk meneliti platform ini. Termasuk juga cara untuk menggunakan API. Terdapat baris perintah maupun fitur lain yang terlibat dengan sistem Keybase.

Add a Comment