Kota Dubai Siap Luncurkan Mata Uang Digital emCash | Edukasi Bitcoin

Kota Dubai Siap Luncurkan Mata Uang Digital emCash

Kota Dubai Siap Luncurkan Mata Uang Digital emCash

News
October 9, 2018 by adi
1419
Kota Dubai tidak lama lagi dapat menggunakan mata uang digital sebagai alat pembayarannya. Nama mata uang digital itu adalah emCash. Mata uang digital ini didukung sepenuhnya dari pemerintah melalui Departemen Pembangunan Ekkonomi Dubai.
Kota Dubai Siap Luncurkan Mata Uang Digital emCash

Pihak pemerintah kota Dubai siap untuk meluncurkan mata uang digitalnya sendiri. Dikabarkan dari Verdict (8/10/18), nama mata uang digital tersebut adalah emCash.

Penerbit mata uang digital emCash adalah Emcredit dari Emcredit Ltd. Perusahaan ini adalah perusahaan teknologi yang berbasis di UK dan telah berdiri sejak 2006. Peruhaan Emcredit juga mendapat dukungan dari pemerintah melalui Departemen Pembangunan Ekkonomi Dubai.

Kerjasama yang dijalin dengan Emcredit ini sudah diteken sejak September 2017 lalu. Sejauh ini, Emcredit sendiri sudah menyediakan platform wallet yang diberi nama emPay wallet.

Di bulan September lalu, Pemerintah Dubai melalui Departemen Keuangan Dubai juga menjalin kerjasama dengan Smart Dubai Office (SDO) untuk meluncurkan sistem pembayaran berbasis Blockchain.

Pemerintah kota Dubai memang cukup antusias untuk menjadikan wilayahnya sebagai kota yang ramah dengan perkembangan teknologi baru termasuk blockchain. Selanjutnya dengan emCash ini, warga kota Dubai nantinya dapat menggunakan token tersebut untuk melakukan transaksi pembayaran sehari-hari.

Seperti melakukan transaksi pembayaran di toko-toko, membayar untuk utilitas pemerintah, ataupun membayar biaya sekolah. Terkait dengan peluncuran emCash itu, jubir dari perusahaan Emcredit mengatakan:

“Menjadi kota pertama di dunia yang menawarkan solusi pembayaran berbasis blockchain untuk warga kami adalah momen yang sangat menyenangkan bagi Dubai. Menegaskan posisi kota Dubai sebagai pusat teknologi di lingkup internasional.”

“Menyebarkan teknologi kekinian seperti blockchain menjadi prioritas utama untuk memberi manfaat kapada warga, baik dalam bentuk kenyamanan serta keamanan untuk pelanggan maupun pedagang di Dubai.”

Kabarnya, para pedagang di Dubai nantinya dapat menggunakan perangkat dari Pundi X yang disebut dengan Pondi X POS. Perangkat untuk merchant tersebut juga diharapkan bisa diluncurkan di seluruh negeri di Dubai dalam beberapa tahun ke depan.

Terkait dengan volatilitas yang umum terjadi pada mata uang digital, pihak emCredit menyatakan emCash akan stabil. EmCash ini diklaim setara dengan mata uang Uni Emirat Arab, yakni UAE Dirham (AED).

Add a comment