Kapasitas Lightning Network Bitcoin Capai 500 BTC | Edukasi Bitcoin

Kapasitas Lightning Network Bitcoin Capai 500 BTC

Kapasitas Lightning Network Bitcoin Capai 500 BTC

Bitcoin News
December 23, 2018 by adi
331
Lightning Network Bitcoin terus berkembang. Sampai sejauh ini, jumlah node Lightning Network Bitcoin telah mencapai 4.710 node. Jumlah tersebut bahkan tumbuh hingga 13,30% dari sebelumnya. Sedangkan jumlah channel yang juga tumbuh 23,6% menjadi 15.163 channel. Kapasitas transaksinya bahkan hampir mencapai 500 BTC, atau kurang lebih senilai USD 2,01 juta.
Kapasitas Lightning Network Bitcoin Capai 500 BTC

Lightning Network Bitcoin terus menunjukkan perkembangan yang signifikan. Penurunan harga bitcoin yang terjadi sejak bulan November 2018 ini, kadangkala telah membuat banyak pengguna kripto tak melihat capaian-capaian besar perkembangan Bitcoin. Salah satu capaian itu adalah bagaimana Lightning Network telah makin populer diadopsi dan dipergunakan.

Cukup menggembirakan, bahwa pada saat ini kapasitas Lightning Network Bitcoin ternyata sudah mencapai besaran hampir 500 BTC. Lightning Network Bitcoin merupakan jaringan lapis kedua untuk menangani transaksi-transaksi micropayment, dengan biaya transaksi yang jauh lebih murah dan super cepat.

Total nilai kapasitas transaksi mikro untuk Lightning Network Bitcoin tersebut adalah senilai dengan USD 2,01 juta pada kurs bitcoin saat ini. Untuk proses transaksi mikro, besaran total nilai tersebut tentu saja tidak bisa dianggap kecil.

Salah satu pengembang OpenNode, Rui Gomes dalam ciutannya menyatakan bahwa Lightning Network dengan jaringan off chain di Bitcoin mampu memproses transaksi mikro secara instan, biaya lebih murah, dengan kecepatan yang sungguh mengejutkan.

Berdasarkan data statistik di 1ML, saat ini jumlah node Lightning Network Bitcoin telah mencapai 4.710 node. Jumlah tersebut bahkan tumbuh hingga 13,30% dari sebelumnya. Sedangkan jumlah channel yang juga tumbuh 23,6% menjadi 15.163 channel.

statistik lightning network

Total kapasitas Lightning Network adalah sebesar 496,61 BTC yang bernilai kurang lebih USD 2,01 juta. Jika anda bertanya berapa fee transaksi mikro pada Lightning Network, nilai biaya rata-rata transaksinya adalah kurang dari 1 mili satoshi. Besaran biaya itu berkisar kurang lebih hanya 0,000001 Satoshi, atau sekitar USD 0,000000000040546.

Dengan biaya yang jauh lebih murah dengan kecepatan transaksi yang begitu luar biasa, tentu saja perkembangan Lightning Network ini akan banyak diadopsi oleh banyak pihak.

 

Add a comment