LINE Luncurkan Kripto Baru dan 5 DAPP | Edukasi Bitcoin

LINE Luncurkan Kripto Baru dan 5 DAPP

LINE Luncurkan Kripto Baru dan 5 DAPP

Altcoin News
October 1, 2018 by adi
790
Dunia kripto makin populer di Jepang. Salah satu aplikasi pesan populer, LINE, kini telah meluncurkan  varian Altcoin. Bahkan melalui jaringan dari dua kripto tersebut, LINE mengembangkan 5 DAPP untuk menunjang ekosistemnya.
LINE Luncurkan Kripto Baru dan 5 DAPP

Line luncurkan kripto baru beserta 5 DAPP. Informasi tersebut diumumkan melalui pihak perusahaan Linecorporation kemarin (31/9/18).

Pada rilis resmi tersebut, Line mengumumkan peluncuran varian altcoin barunya. Kripto baru LINE tersebut diberinama “LINK”. Pihak Line menyebut ada dua varian kripto yang akan di distribusikan. Dua varian tersebut adalah LINK dan LINK Poin.

Ketika membaca rilis resmi dari pihak LINE, dua varian tersebut terdiri dari 1 altcoin dan juga 1 token yang dibuat dari network mainnet yang sama. Line menyebut jaringan mainnet mereka dengan sebutan “LINK Chain”. Sedangkan untuk block eksplorer Line, disebut dengan LINK Scan.

Total supply kripto LINK disebutkan berjumlah 1 milyar LINK. Dari total supply kripto LINK itu, ada 800 juta koin yang akan didistribusikan sebagai reward sistem. Sedangkan sisanya digunakan sebagai cadangan dana untuk LINE Tech Plus. Pihak LINE Tech Plus ini adalah pihak penerbit LINK yang kabarnya berbasis di Singapura.

Distribusi LINK akan bisa diperdagangkan untuk di luar negara Jepang, sedangkan LINK Poin untuk warga Jepang. Kabarnya dua varian berbeda tersebut dibuat untuk berupaya mematuhi degan regulasi di tingkat lokal, dan juga untuk pasar internasional.

Aplikasi Line yang dibuat oleh Lee Hae Jin asal Korea Selatan ini sudah diterima di banyak gerai retail di Jepang. Dengan LINK Poin nantinya, dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di lebih 94.000 retail Jepang melalui LINE Pay.

LINKflow
Alur ekosistem LINE Network (Gambar: LineCorp).

Dengan LINK, dapat dipergunakan untuk berbagai macam hal. Mulai dari membeli berbagai konten media seperti musik, video atau yang lain. Dapat digunakan untuk alat pembayaran, sosial, bermain game, dan juga diperdagangkan.

Terkait dengan bursa kripto mana yang akan digunakan, LINE ternyata sudah menjalin kemitraan eksklusif dengan bursa kripto BITBOX. Bursa ini adalah bursa kripto yang didirikan oleh anak perusahaan LINE bernama Unblock Corp.

Sejak pertama diluncurkan pada akhir bulan Juni lalu, bursa BITBOX ini sudah dibanjiri pengguna. Rencananya kripto LINE itu sudah siap diperdagangkan di BITBOX mulai 16 Oktober nantinya.

Selain Kripto, LINE Rencakan Luncurkan 5 DAPP

Pada rilis resmi kripto besutan LINE itu, pihaknya juga mengumumkan rencana peluncuran 5 DAPP (Decentralized Application) baru. Kelima dApps tersebut dibuat dari jaringan mainnet yang disebut dengan “LINK Chain”.

Peluncuran genesis block untuk LINK ini disebut sudah dilakukan pada tanggal 23 Agustus lalu. Kelima DAPP yang rencana segera diluncurkan adalah Wizball, 4CAST, Pasha, TAPAS, dan juga STEP.

Tiga dari lima DAPP diatas siap diluncurkan di tahun 2018 ini. Ketiga DAPP tersebut adalah Pasha, TAPAS, dan juga STEP. Untuk spesifikasi masing-masingnya, Wizball akan digunakan untuk membangun ekosistem sharing dan memberikan reward komunitasnya.

Pada DAPP 4CAST adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk memprediksi sesuatu di masa depan. Kontribusi di platform ini nantinya akan mendapatkan reward berupa LINK Point. Di platform Pasha, digunakan untuk memberikan review produk atau mencari produk baru.

Melalui platform Pasha ini, pengguna dapat dengan mudah untuk mengambil foto sebuah produk yang dianggap menarik untuk dicari, lalu disimpan di database Pasha. Kontributor yang memposting informasi tersebut, ataupun menulis review dan lain-lain akan mendapatkan insentif.

Sementara pada platform TAPAS lebih dikhususkan sebagai sebuah platform untuk memberikan review dunia makanan di sekitar Jepang. Dan DAPP kelimanya, STEP, ditujukan sebagai platform pariwisata. Mulai dari informasi lokasi wisata, foto, memoar book pengguna, dan banyak hal lain.

 

 

 

 

Add a comment