Menu

Bitcoin Berjangka Melambung, Membuka Kemungkinan Menyentuh $ 18.000

  Dibaca : 80 kali
Bitcoin Berjangka Melambung, Membuka Kemungkinan Menyentuh $ 18.000

via Getty Images

Setelah diluncurkan perdana beberapa waktu yang lalu bursa Bitcoin berjangka perdana dari CBOE ini akhirnya melambung pada hari Jumat, sehari setelah ditutup di bawah $ 17.000, karena minggu pertama perdagangan mereka hampir berakhir. Rebound harga itu juga tercermin dalam harga spot untuk cryptocurrency, seperti pada pair bitcoin BTCUSD, + 6,91% naik 5% menjadi $ 17,394.19, berdasarkan pantauan CoinDesk. Bitcoin telah rebound sekitar 8% minggu ini, dari penurunan pada hari Minggu yang mengambilnya sampai sekitar $ 13.000.

Kontrak berjangka Bitcoin yang berakhir pada bulan Januari XBTF8, + 7,44% naik menjadi $ 17,810, menurut Cboe Global Markets Inc. Kontrak berjangka tersebut turun 1,5% pada $ 16.800 pada hari Kamis, setelah mencapai level tertinggi sesi di $ 17.520. Pada hari senin, Cboe menyaingi CME Group Inc. CME, -0,78% akan memulai trading berjangka bitcoin. Cboe mulai menukar kontraknya pada hari Minggu di level $ 15.000, yang berarti bulan Januari berjangka naik hampir 19% untuk minggu pertama perdagangan.

Meskipun mendapat banyak keuntungan dari beberapa aset bitcoin dan yang semisalnya di tahun 2017, investor dalam mata uang digital mengharapkan pengembalian yang lebih baik tahun depan. Hal disampaikan menurut sebuah survei oleh LendedU, sebuah pasar untuk pinjaman pribadi.

Sejauh ini, volume perdagangan di Cboe cukup rendah. Itu mungkin berlanjut untuk sementara karena margin awal yang dibutuhkan untuk mendapatkan eksposur pada Cboe dan CME sangat besar. “Hal ini membatasi partisipasi para pedagang institusional dan pemilik kekayaan yang bernilai  tinggi,” kata Chris Weston, kepala strategi pasar, dalam komentarnya melalui e-mail.

Namun, di bawah sebuah “skenario sempurna” dan terlepas dari keruntuhan besar mana pun yang berkaitan dengan harga, partisipasi harus diambil dari waktu ke waktu, katanya. Itu karena likuiditas yang meningkat mengurangi penawaran dan permintaan penyebaran pada aset-aset berjangka lainnya, serta meningkatkan minat terhadap bitcoin berjangka di antara para pemain yang menggunakan volatilitas tersirat sebagai alat untuk menilai risiko portofolio potensial.

“Hal tersebut menyatakan bahwa bitcoin adalah aset berjangka panjang yang potensial dan apa yang bisa dianggap sebagai skenario hampir sempurna untuk bitcoin berjangka,” kata Weston. “Kita juga perlu mengingat bahwa pasar berjangka masih merupakan turunan dari pasar saat ini yang tidak diatur, sehingga banyak yang menunggangi prospek jangka panjang dari bitcoin.”

Editor:
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional