Mengenal Masternode Dalam Ekosistem Dash - Edukasi Bitcoin

Mengenal Masternode Dalam Ekosistem Dash

Mengenal Masternode Dalam Ekosistem Dash

Altcoin
May 28, 2018 by adi
3717
Masternode pada dasarnya berfungsi sama seperti halnya menjalankan full node di dalam ekosistem pertambangan kripto. Pengimplementasian di dalam ekosistem Dash berfungsi juga sebagai sebuah insentif pertambangan yang lebih menarik secara komersial.
Mengenal Masternode Dash

Istilah Masternode pertamakali digunakan oleh Dash. Pada ekosistem Dash, digunakan sebagai sebuah mekanisme sistem validator transaksi anonym yang terikat. Maksudnya terikat disini adalah terikat dengan kontrak, sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Untuk mengetahui apa itu Masternode, maka kita perlu melihat melalui Dash. Masternode di ekosistem Dash, pada dasarnya berfungsi seperti serangkaian server untuk mendukung ekosistemnya. Bedanya, di Dash, terdiri dari dua jaringan, satu untuk pertambangan, satunya lagi untuk layanan Masternode. Kedua jaringan ini pun sama-sama bersifat terdistribusi.

Di dalam ekosistem Dash, mempunyai fungsi khusus untuk bisa mencapai privasi tinggi dalam transaksi. Masternode, adalah sebuah metode yang dipergunakan khusus dalam mencapai hal tersebut. Sehingga cukup berbeda dengan jaringan untuk ekosistem pertambangan, jaringan Masternode lebih pada menjaga jaringan khusus dalam penggunaan transaksi privasi penuh para penggunanya.

Bagaimana Cara Kerja Masternode?

Dash, sudah mengimplementasikan protokol untuk Masternode ini di dalam protokolnya. Cara kerjanya mungkin akan lebih mirip seperti halnya pada proof of stake. Sehingga jika seseorang ingin berkontribusi menjadi masternode, maka seseorang tersebut harus memiliki sejumlah Dash dengan nominal tertentu. Di dalam ekosistem Dash ini, untuk menjadi Masternode harus memiliki 1.000 Dash di dalam walletnya.

Setelah itu, adalah menyiapkan perangkat khusus yang nantinya akan berfungsi sebagai node. Hal ini pada dasarnya sama seperti halnya menyiapkan perangkat khusus untuk menjadi full node dalam ekosistem pertambangan. Bedanya, node khusus ini nantinya hanya dipergunakan di jaringan masternode Dash saja, sebagai perangkat untuk verifikasi jaringan transaksi dengan privasi penuh di Dash.

Salah satu cara untuk menyiapkan perangkat tersebut, adalah dengan mengunduh core wallet Dash di perangkat anda. Namun selain itu, saat ini sudah ada banyak layanan pihak ketiga yang bisa dipergunakan untuk masternode. Jadi hanya tinggal menyewa saja server untuk bisa menjalankan masternode tersebut.

Satu catatan penting, bahwa sejumlah 1.000 Dash diatas tadi, haruslah terus tetap tersimpan di dalam wallet anda. Jika sejumlah 1.000 Dash tersebut dipergunakan, maka anda tidak lagi dapat berfungsi menjadi Masternode.

Kompensasi Masternode Dash

Masternode Dash - Block Reward
Pembagian Block Reward Dash

Di ekosistem Dash, seseorang yang telah berkontribusi menjadi Masternode umumnya akan memperoleh pembagian keuntungan dari total 45% yang didapatkan dari block reward pertambangannya. Sedangkan 10% lainnya dipergunakan untuk pembiayaan cadangan dana di dalam ekosistemnya. Dalam hal itu, ada operator khusus yang nantinya akan bertindak dalam menentukan voting nantinya, tentang pengalokasian penggunaan dana cadangan tersebut dalam meningkatkan jaringannya.

Jadi pada dasarnya, di dalam ekosistem Dash, block reward akan dibagi 50% untuk ekosistem pertambangan biasa, dan 50% sisanya untuk jaringan di Masternode.

Fungsi Masternode di Dash

Jika kita melihat gambaran di atas,  Masternode pada dasarnya berfungsi sama seperti halnya menjalankan full node di dalam ekosistem pertambangan kripto. Pengimplementasian di dalam ekosistem Dash berfungsi juga sebagai sebuah insentif pertambangan yang lebih menarik secara komersial.

Kalau kita melihat fungsi yang kurang lebih mirip dengan menjalankan full node di ekosistem pertambangan, maka juga bermanfaat dalam melindungi blockchain Dash dari berbagai serangan. Penerapan biaya sejumlah 1.000 Dash itu, digunakan sebagai sebuah persyaratan khusus untuk menjaga jaringan Masternode tetap terdesentralisasi.

Selain berfungsi secara teknis untuk ekosistemnya, juga menjadi fungsi komersial. Harapannya, agar ekosistem tersebut menjadi lebih menarik banyak investor. Jumlah 1.000 Dash tersebut tentu saja bukanlah jumlah yang sedikit.

Persyaratan jumlah itu pun menjadi sebuah metode bagaimana ekosistem Dash tetap berlaku aman dan sehat, dengan insentif khusus sesuai dengan profitabilitasnya. Maka jumlah 1.000 Dash itupun menjadi sebuah jaminan bahwa ekosistem Dash akan tetap mentaati konsensus yang berlaku, full node di dalam jaringannya pun diharapkan terus akan berlaku secara jujur.

Mengapa Dash Mengimplementasikan Masternode?

Selain alasan yang bermanfaat untuk ekosistem pertambangan, dan metode komersial dalam memperbesar adopsi ekosistemnya, Masternode Dash pada dasarnya diimplementasikan untuk menunjang beberapa fitur berikut ini:

  • InstaSend

Fitur ini adalah yang cukup bermanfaat untuk dapat menjalankan transaksi secara instan di dalam Dash

  • PrivateSend

PrivateSend di Dash, memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima transaksi dengan privasi penuh.

  • DecentralizedGovernance

Masternode mampunyai suara dalam menentukan pengembangan selanjutnya di dalam ekosistem Dash.

Ditambah lagi, pengimplementasian Masternode memang dipandang banyak membawa manfaat. Di dalam ekosistem pertambangan misalnya, Masternode menjadi punya peranan untuk menjaga ekosistem pertambangan berlaku tetap terdesentralisasi. Masternode juga diharapkan bisa meminimalisir adanya sentralisasi di pool-pool mining dalam ekosistem pertambangan.

Dengan adanya biaya awal yang besar, membuat ada peningkatan stabilitas dan juga loyalitas terhadap jaringan. Tentu saja, karena hal tersebut membawa deviden yang lebih besar, sehingga meminimalisir menurunnya node di ekosistem pertambangannya.

Yang paling membuat menjadi lebih menarik, tentu saja Masternode juga dipandang sebagai sebuah peluang investasi juga. Hal inilah yang membuat masternode juga berperan sebagai metode komersial pada akhirnya guna meningkatkan adopsi Dash.

Masternode Mulai Banyak Diimplementasikan di Banyak Varian Altcoin

Dash memang telah mengawali dengan mengimplementasikan Masternode. Namun, pada akhirnya, banyak varian Altcoin lain yang juga menerapkan hal yang sama. Ada yang diterapkan untuk alasan menunjang privasi penuh, untuk ekosistem bursa kripto, smartContract, maupun untuk layanan e-commerce.

Beberapa varian altcoin yang telah mengimplementasikan Masternode antara lain Syscoin, PIVX, BOScoin, dan masih banyak yang lain.

Ingin Menjadi Masternode? Ini Yang Anda Butuhkan

  • Memiliki 1.000 Dash
  • Server sendiri atau bisa dengan menggunakan VPS (Linux)
  • Dedicated IP Address

Atau jika anda merasa tidak punya waktu dan kesulitan untuk menyiapkan server untuk masternode tersebut, anda dapat lebih mudah hanya dengan menggunakan layanan dari beberapa pihak ketiga berikut ini:

Add a comment