Menonton TV Sambil Menambang Bitcoin

Menonton TV Sambil Menambang Bitcoin

Bitcoin News
August 7, 2018 by adi
700
Canaan Creative mengumumkan perangkat mining dalam bentuk perangkat rumah tangga sehari-hari. Produk baru Canaan tersebut adalah berupa SmartTV yang ditanamkan chip ASIC didalamnya. Dengan SmartTV itu, selain bisa digunakan untuk menonton TV seperti pada umumnya, juga bisa digunakan untuk menambang bitcoin.
menonton TV sambil menambang Bitcoin

Canaan Creative, salah satu perusahaan besar kedua setelah Bitmain, memungkinkan menonton TV sambil menambang Bitcoin. Hal itu karena Canaan beberapa waktu lalu, meluncurkan produk bernama AvalonMiner Inside. Jika anda berfikir chip mining selalu berbentuk perangkat khusus untuk pertambangan saja, maka pendapat itu kini telah terbantahkan. Canaan tersebut menanam chip pertambangan bitcoin ke dalam sebuah TV.

AvalonMiner Inside tersebut adalah berbentuk Smart TV dengan TV set khusus yang telah ditanam dengan chip ASIC untuk bisa menambang bitcoin. Tidak hanya itu, TV sekaligus perangkat pertambangan itu juga telah support dengan android sehingga memungkinkan dijalankan melalui perangkat mobile.

Ide tentang perangkat pertambangan bitcoin melalui sebuah TV mungkin terkesan cukup “gila”. Namun Canaan nampaknya memang mempunyai sebuah capaian khusus. Canaan berupaya untuk menerobos keterbatasan perkembangan perangkat pertambangan bitcoin ke dalam perangkat elektronik sehari-hari.

Tidak tanggung-tanggung, AvalonMiner Inside ini ditanam dengan chip ASIC A3210 16nm. Chip tersebut mempunyai daya hashing sebesar 2,8 trilyun hash per detik.

Besaran daya hashing pada Chip AvalonMiner tersebut hanya berkisar seperempat saja dari kebanyakan chip produk perangkat mining Canaan lainnya. Chip mining terbesar di produk Canaan saat ini, mampu memproses 11 trilyun hash per detik.

Meski demikian, nampaknya Canaan memang sengaja ingin membuat perangkat pertambangan dengan cara yang lebih praktis. Sekaligus, berupaya untuk menghindari potensi sentralitas penguasaan hashrate jaringan pertambangan bitcoin.

Jika perangkat pertambangan dapat lebih praktis di lakukan di rumah, dengan perangkat elektronik sehari-hari seperti sebuah TV, diharapkan dapat memperluas demokratisasi jaringan bitcoin. Ibaratnya, penghuni rumah dapat “menonton TV sambil menambang Bitcoin”.

Sampai sejauh ini produk AvalonMiner tersebut memang masih belum di luncurkan secara resmi dan bersaing dengan perngkat mining yang ada di pasaran.

Pihak Canaan masih akan menambahkan beberapa fitur tambahan di TV set tersebut, seperti kontrol suara, tampilan profitabilitas bitcoin secara real-time, ataupun fitur lain.

Dikabarkan dari scmp, bahwa chip khusus untuk TV set tersebut diluncurkan setelah Canaan juga mulai menawarkan IPO di Hongkong sejak bulan Mei yang lalu. Dari IPO itu, Canaan berharap dapat mengumpulkan modal sebesar USD 1 miliar.

Canaan pun mendapat komentar dari Xiao Lei, seorang analis bitcoin dari Beijing. Lei mengatakan di South China Morning Post beberapa hari lalu, yang mengatakan seperti sebuah hype. Namun sekaligus akan cukup bagus jika perusahaan tersebut benar-benar bisa menanamkan chip pertambangan itu di merk-merk TV besar yang ada.

1 Comment

Add a comment