Mirip Dengan OPENDIME , Paten PayPal Percepat Waktu Transaksi

Mirip Dengan OPENDIME , Paten PayPal Percepat Waktu Transaksi

Mirip Dengan OPENDIME , Paten PayPal Percepat Waktu Transaksi

News
March 6, 2018 by Fathan
2307
Paten aplikasi yang diajukan oleh pihak Paypal dinilai mirip dengan Opendime. Paypal pada bulan Maret lalu, memang berupaya untuk dapat mempatenkan aplikasi pembayaran kripto. Pihak Paypal menerangkan bahwa aplikasi itu bisa berjalan lebih cepat dari transaksi biasanya.
Mirip Dengan opendime

Mirip Dengan OPENDIME. PayPal telah mengajukan hak paten untuk sebuah sistem yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan pembayaran Cryptocurrency.

Paten versi PayPal tersebut, menuai kritik dari salah satu developer bitcoin, Peter Todd, yang menilai bahwa PayPal seperti berusaha mempatenkan metodologi Opendime. Hardware wallet Opendime ini, sudah berjalan sejak tahun 2015 lalu dengan karakteristik seperti sebuah usb drive pada umumnya.

Baca JugaMetode Pembayaran Crytocurrency Melalui PAYPAL

Dari berkas yang diajukan ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO) pada tanggal 1 Maret lalu, PayPal berupaya mempatenkan aplikasi pembayaran kripto dengan klaim lebih cepat dari transaksi biasanya. Pada paten itu, PayPal menggunakan metode pembayaran secara offchain, dengan kemampuan untuk menggunakan fungsi wallet sekunder yang di generate baik pada wallet utama penerima dan pengirim transaksi.

Pada transaksi bitcoin secara umum, akan membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit untuk bisa mencatatkan transaksi, dan kemudian di simpan kedalam blockchain. Waktu itu adalah waktu yang dibutuhkan untuk bisa mengkomfirmasi dan memvalidasi transaksi oleh para penambang di ekosistem pertambangan bitcoin.

 

Dalam hal ini, metodologi yang berusaha dipatenkan PayPal memang mirip seperti halnya yang ada di Opendime. Sama-sama bersifat offchain, tidak seperti transaksi onchain pada umumnya. Dalam kebutuhan transaksional, Opendime juga bisa untuk generate private key unik yang dilakukan secara otomatis, tanpa ada satupun yang mengetahui, bahkan pemiliknya.

Bitcoin Sudah Implementasikan Lightning Network

Selain itu, untuk transaksi yang bersifat off-chain, apa yang coba dilakukan oleh PayPal mungkin akan jauh lebih usang dibandingkan dengan pengimplementasian Lightning Network yang mampu memproses transaksi jauh lebih cepat dan jauh lebih efektif.

Saat ini, jaringan offchain lightning network telah mempunyai ratusan node di seluruh dunia. Disamping itu, selain lightning network, jumlah adopsi segwit juga telah meningkat pesat. Perkembangan-perkembangan ini telah membuat jaringan Bitcoin jauh lebih sehat dan dinamis.

Ukuran mempool bitcoin, bahkan telah menurun drastis, untuk transaksi normal saja, biaya transaksi dan waktu transaksi telah berangsur pulih dan cepat. Implemantasi Lightning Network, yang diawali dengan aktivasi segwit, telah membuka banyak pengembangan lanjutan untuk bitcoin. (fathan/adi)

Add a comment