Paper Asli Satoshi Nakamoto Tentang Bitcoin | Edukasi Bitcoin

Paper Asli Satoshi Nakamoto Tentang Bitcoin

Paper Asli Satoshi Nakamoto Tentang Bitcoin

Jurnal
January 30, 2016 by Edukasi Bitcoin
2013
Makalah bitoin, atau yang kerap disebut dengan whitepaper bitcoin pertama kali dipublikasikan di tahun 2018 oleh Satoshi Nakamoto.
Paper Asli Satoshi Nakamoto

Paper Asli Satoshi Nakamoto –  A Peer-to-PeerElectronic Cash System

Tepatnya pada bulan November 2008 lalu, paper asli Satoshi Nakamoto diposting di internet. Makalah yang membahas tentang sistem Bitcoin tersebut berjudul “Bitcoin: A Peer-to-PeerElectronic Cash System”. Di dalam makalah tersebut, diposting oleh seseorang bernama “Satoshi Nakamoto”, sebuah nama pseudonym  (samarana) dari pencetus gagasan tentang Bitcoin.

Paper asli Satoshi Nakamoto tersebut hanya terdiri dari sembilan halaman. Meski demikian, paper itu cukup padat dan lengkap dengan diagram cara kerja secara peer-to-peer Bitcoin. Seandainya diagram tersebut dihilangkan, makalah tersebut hanya akan terdiri dari 5 sampai 6 halaman saja.

Satoshi Nakamoto dalam makalah tersebut menguraikan gambaran tentang sistem dan cara kerja Bitcoin sebagai sebuah pembayaran elektronik online berbasis peer-to-peer. Dengan sistem peer-to-peer itu, Bitcoin memungkinkan seseorang dapat mentransfer secara langsung tanpa perantara pihak ketika maupun lembaga keuangan manapun.

Pembayaran online yang dimaksud tersebut, akan bisa meminimalisir segala kemungkinan terjadi kesalahan dan resiko keamanannya, termasuk juga meminimalisir terjadinya transaksi ganda (double spending). Untuk bisa menjembatani hal tersebut, hanya bisa dilakukan dengan sistem peer-to-peer yang dilengkapi dengan digital signature, perekam waktu transaksi yang sudah dirubah dengan hash, sehingga tidak bisa dirubah, dan banyak kriptografi lain yang digunakan didalamnya.

Paper asli Satoshi Nakamoto ini, sekaligus menjadi makalah yang berkarakter semi formal pertama di dunia. Jika dilihat pada beberapa makalah dalam perkembangan sistem pembayaran elektronik sebelumnya, masih bersifat non formal. Hal itu kemudian cukup berbeda dengan makalah bitcoin yang disusun sedemikian rupa sehingga cukup kental dengan nuansa akademis yang formal.

Meski makalah tersebut dituliskan hanya dalam 9 halaman, namun isi didalamnya telah cukup mewakili keseluruhan konseptual sistem Bitcoin, dan bagaimana cara kerja yang dapat dijabarkan secara lengkap. Karena memang disusun secara semi formal, di akhir makalah juga disertakan sumber referensi atas beberapa proyek yang sebelumnya pernah ada.

Dunia kripto memang telah lekat dengan nuansa kesusastraan semenjak munculnya paper asli Satoshi Nakamoto tersebut. Terang saja, untuk sebuah proyek open-source, makalah tersebut juga menjadi pengawal kesusastraan terkait dengan dunia perkembangan teknologi dan informasi, khususnya pada cabang ilmu kriptografi.

Lambat laun, paper asli Satoshi Nakamoto pun banyak mempengaruhi banyak varian alternatif selain bitcoin (Altcoin) saat memulai proyeknya. Paper asli Satoshi Nakamoto, atau yang juga banyak disebut dengan “Whitepaper” seakan telah menjadi syarat tidak tertulis sebuah proyek berbasis kripto.

Lihat disini paper aslinya: Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System

Add a comment