Penasaran Bagaimana 51% Attack? Saksikan Sendiri Hari Sabtu

Penasaran Bagaimana 51% Attack? Saksikan Sendiri Hari Sabtu

Penasaran Bagaimana 51% Attack? Saksikan Sendiri Hari Sabtu

Altcoin
October 9, 2018 by adi
685
Seseorang dengan nama samaran “@Geocold” membuat pengumuman terbuka untuk menyerang varian Altcoin Einstenium. Ia bahkan menyiarkan aktifitasnya tersebut secara live.
Penasaran Bagaimana 51% Attack? Saksikan Sendiri Hari Sabtu

Salah seorang hacker anonim dengan nama samaran @Geocold, menyiarkan kabar secara terbuka untuk menerang Einstenium (EMC2). Geocold ini juga menyebut akan menyiarkan secara live saat melakukan serangan tersebut.

Geocold menyebut 51% attack itu bakal dilakukan tepat pada hari Sabtu mendatang, 13 Oktober pukul 8.00 UTC. Awalnya informasi tersebut muncul di forum reddit. Dan sengaja hal tersebut dilakukan untuk tujuan edukasional semata. Serangan itu sengaja dilakukan agar banyak orang mengerti bagaimana 51% attact dapat dilakukan di altcoin, terutama dengan varian Altcoin bertipikal “low hashrate”.

Baca juga: Bitcoin Gold Delisting dari Bittrex

Einstenium ini adalah salah satu varian Altcoin berbasis algo scrypt. Varian Altcoin yang menggunakan scrypt ini mamang sudah kerap menjadi sasaran 51% attack. Dalam rentang waktu tiga bulan terakhir serangan 51% attack juga berhasil menyerang Bitcoin Gold dan juga Verge.

Sedangkan 51% attack ini adalah upaya yang dilakukan penyerang untuk mengendalikan hashrate jaringan kripto. Ketika hal ini dapat dilakukan, maka peluang untuk membuat transaksi ganda (double spend) menjadi terbuka lebar.

Ada sebuah situs yang dapat memprediksi kemungkinan 51% attack dapat dilakukan berdasarkan hitungan besaran biaya yang diperlukan. Situs tersebut adalah crypto51.app. Di dalam ekosistem pertambangan kripto, kita tentu mengenal tentang Mining Pool.

Sedangkan ada sebagian dari para pemilik Mining pool yang menyediakan jasa untuk bisa menyewa perangkat pertambangan dengan karakter perangkat tertentu. Dan salah satu mining pool yang paling besar nilai hashrate untuk menambang varian Altcoin adalah NiceHash.

Melalui NiceHash inilah yang dipakai sebagai acuan pada situs Crypto51.app. Terutama dengan berapa besar hashrate di NiceHash mampu disewa, dan berapa besar nilai total sewa tersebut.

Tinjauan teroritisnya, semakin besar nilai Hashrate pada sebuah kripto, maka besaran dana yang dibutuhkan untuk melakukan serangan jelas semakin besar. Kondisi itu tentu saja akan berbeda untuk varian altcoin-altcoin baru yang umumnya masih memiliki hashrate rendah.

Jadi, anda penasaran bagaimana serangan 51% attack itu bisa dilakukan? Bagaimana bentuk dan prosesnya? Saksikan sendiri nantinya melalui siaran live melalui tautan ini.

Add a comment