Pengantar Kriptografi dan Cryptocurrency

Pengantar Kriptografi dan Cryptocurrency

Konsep Dasar Bitcoin
February 19, 2016 by Edukasi Bitcoin
4061
Sebagai gambaran singkat tentang Pengantar Kriptografi dan Cryptocurrency, bahwa bitcoin banyak menggunakan teknik-teknik cabang ilmu kriptografi di dalam sistem bitcoin. Kriptografi juga talah banyak mempengaruhi sistem pembayaran elektronik bahkan sebelum bitcoin muncul.
Pengantar Kriptografi dan Cryptocurrency

Terlebih dulu, kita mengawalinya dengan pengantar kriptografi & cryptocurrency. Semua mata uang, diperlukan sebuah cara untuk bisa mengontrol jumlah uang yang beredar, dan juga menambahkan properti keamanan untuk mencegah terjadinya kecurangan. Misalnya saja menghindari terjadi pemalsuan uang dan lain sebagainya.

Pada mata uang kertas (Fiat Money), Bank Sentral berperan untuk mengendalikan jumlah peredaran uang dengan memproteksi uang tersebut agar tidak mudah untuk dipalsukan. Fitur keamanan ini tentu akan menambah tingkat kesulitan dan kerumitan terhadap pemalsuan uang. Namun pada dasarnya, keamanan ini tidaklah bisa berjalan untuk bisa menanggulangi pemalsuan sepenuhnya. Sehingga, dibutuhkan elemen hukum yang bisa menjerat pelaku pelanggaran tersebut.

Begitu pun halnya dengan Cryptocurrency (mata uang digital). Harus mempunyai langkah keamanan yang bisa mencegah terjadi kecurangan dalam sistemnya. Misalnya Nita ingin membayar Rudi dengan koin digital. Pada orang yang berbeda, Nita tidak harus membayar kepada Dian menggunakan coin digital yang sama. Jadi, fitur keamanan pada uang digital ini dengan saling memberikan pernyataan yang tidak konsisten untuk orang yang berbeda. Tidak seperti mata uang kertas, pengamanan mata uang digital dilakukan murni secara teknologi, dan tanpa harus bergantung pada kebijakan pemerintah pusat.

Mata uang digital, menitikberatkan sistemnya pada kriptografi. Sementara di dalam kriptografi, terdapat sebuah mekanisme yang bisa dipergunakan untuk mengamankan sistem dalam mata uang digital. Dengan cara encoding atau mengkodekan aturan-aturan dalam sistem mata uang digital tersebut. Misalnya saja mengkodekan aturan tentang pembuatan unit mata uang digital baru ke dalam sebuah protokol secara matematis. Sehingga, dengan pengkodean aturan-aturan itu, akan bisa mencegah gangguan keamanan pada sistemnya. Pada bahasan lain tentang sejarah Bitcoin, sudah dibahas tentang fungsi-fungsi kriptografi yang dipergunakan sebagai elemen penting dalam mata uang digital. Jika belum membaca pembahasan sejarah lengkap Bitcoin disini:

Bagian I : Mengurai Sejarah Panjang Perjalanan Bitcoin
Bagian II: Sistem Keuangan Tradisional
Bagian III: Permasalahan Dalam Kartu Kredit Online
Bagian IV: Beralih Dari Kredit Ke Tunai Digital
Bagian V: Mencetak Uang dari Udara
Bagian VI: Merekam Semua Dalam Ledger
Bagian VII: Beberapa Petunjuk Tentang Satoshi

Kriptografi, adalah bidang penelitian mendalam secara akademis dengan menggunakan teknik matematis yang canggih. Sehingga bagi orang awam tentu akan cukup rumit untuk memahaminya. Sedangkan dalam Bitoin hanya bergantung pada beberapa konstruksi kriptografi saja, relatif lebih sederhana, umum dan sudah banyak digunakan.

Selanjutnya bagian kriptografi mana sajakah yang dipergunakan untuk bisa membangun mata uang digital? Pada bagian pembahasan Konsep Dasar Bitcoin ini, kita akan mempelajari pola hash, dan tanda tangan digital (digital signature) dalam kriptografi. Dua elemen ini adalah elemen yang sudah cukup lama ada, dan cukup berguna untuk membuat mata uang digital.

Bacaan Selanjutnya:

1.1 Fungsi Hash Kriptografi
1.2 Pointer Hash dan Stuktur Data
1.3 Tanda Tangan Digital
1.4 Public Key Sebagai Identitas

 

 

7 Comments

Add a comment