Samourai Wallet Hapuskan USD, Selamat Tinggal Fiat!

Samourai Wallet Hapuskan USD, Selamat Tinggal Fiat!

Bitcoin News
September 29, 2018 by adi
494
Salah satu vendor wallet bitcoin, Samourai Wallet, membuat keputusan tegas dengan menghilangkan konvesi satuan bitcoin dengan USD. Umumnya di berbagai platform baik wallet bitcoin, exchange, dan lain-lain memang masih menggunakan mata uang Fiat seperti USD, atau yang lain.
Samourai Wallet - Selamat Tinggal Fiat

Platform wallet bitcoin di versi mobile terkemuka Samourai Wallet, memutuskan untuk menghapuskan konversi mata uang bitcoin dengan USD. Langkah tersebut diambil untuk segera menghilangkan ketergantungan dengan mata uang Fiat.

Sebaliknya, menggantinya hanya dengan menggunakan Satoshi atau “SAT” saja sebagai satuan bitcoin selama ini. Dengan kapabilitas bitcoin yang bisa digunakan sebagai sebuah media pertukaran nilai, atau mata uang, maka ketergantungan pada mata uang Fiat tersebut dirasa cukup mengganggu.

Samourai Wallet Ucapkan Selamat Tinggal Fiat

Di dalam rilis post yang dimuat di blog Samourai Wallet kemarin (28/9/18), pihak pengembang memang sengaja dengan menuliskan “Farewell Fiat”. Frase tersebut artinya adalah “selamat tinggal Fiat” yang ditandai dengan menghapus konversi USD pada rilis update terbaru, versi 0.98.87 di wallet Samourai.

“Kami percaya bahwa merupakan hal yang fundamental untuk pengguna kami saat ini dan masa depan, agar memahami ketika mereka bertransaksi dalam jaringan Bitcoin, ketika mereka berpartisipasi dalam ekonomi Bitcoin, mereka bertransaksi dengan unit asli dengan jaringan itu, BTC, tidak ada yang lain.”

Selama ini, cukup banyak varian platform di ekosistem bitcoin yang memang masih banyak menggunakan konversi bitcoin dengan mata uang Fiat. Mulai dari berbagai varian wallet bitcoin dalam berbagai macam bentuk, bursa-bursa bitcoin, dan banyak yang lain.

Kecenderungan tersebut mulai ditangkap oleh pihak pengembang Samourai wallet saat pertama kali meluncurkan platformnya di tahun 2015 lalu.

Meski konversi mata uang antara Bitcoin dengan Fiat dilakukan hanya untuk memperoleh gambaran mudah untuk nilai bitcoin jika dilihat dari Fiat, namun ada kecenderungan yang dipandang perlu untuk segera dihilangkan.

Kecenderungan tersebut membuat pengguna Bitcoin tidak siap melepas ketergantungan akan mata uang Fiat.

Di dalam versi wallet Samourai sebelumnya, konversi mata uang Fiat tersebut berada dalam fitur “street price”. Dan akhirnya dihapus pada rilis update terbaru di versi 0.98.87. Artinya, para pengguna wallet Samourai saat ini benar-benar harus terbiasa dengan satuan terkecil bitcoin “SAT”. Tidak dengan satuan lain.

Nama “Satoshi Nakamoto” digunakan untuk menyebut satuan terkecil bitcoin dengan sebutan “Satoshi”, atau yang disingkat dengan “SAT”. Pada satuan terkecil atau Satoshi ini, 1 SAT bernilai 0,00000001 BTC.

 

Add a comment