Samourai dan goTenna Permudah Kirim Transaksi Bitcoin Tanpa Internet

Samourai dan goTenna Permudah Kirim Transaksi Bitcoin Tanpa Internet

Bitcoin News
May 20, 2018 by adi
278
Kemitraan yang terbangun antara pihak Samourai wallet dengan goTenna telah membuka sebuah terobosan baru yang memudahkan pengguna di masa depan. Layanaan tersebut memungkinkan pengguna untuk kirim transaksi bitcoin tanpa internet. Pengiriman transaksi tersebut bisa dilakukan hanya dengan SMS saja.
Kirim Transaksi Bitcoin Tanpa Internet

Samourai wallet yang telah bekerja sama dengan goTenna telah memungkinkan pengguna untuk kirim transaksi bitcoin tanpa internet. Pengiriman transaksi tersebut bisa dilakukan hanya dengan SMS saja.

Sejak pertama kali berdiri di tahun 2015, Samourai Wallet memang telah fokus untuk mengutamakan sisi privasi pengguna bitcoin di dalam platformnya. Selain itu, Samourai wallet juga telah memulai mengembangkan Mule.tools, dan juga Pony Direct sebagai dasar pijakan untuk dapat menyiarkan transaksi melalui SMS di bulan Januari lalu.

Gagasan untuk bekerja sama dengan goTenna tidak lain karena perusahaan yang berbasis di Brooklyn tersebut telah memproduksi perangkat komunikasi dilluar jaringan Internet. Di platform goTenna ini, pengguna dapat saling berkomunikasi dengan mudah hanya menggunakan applikasi di mobile mereka, yang nantinya akan saling terhubung dengan sebuah perangkat antena portable. Sehingga dengan perangkat antena portable tersebut, tidak lagi harus bergantung dengan ISP dan menara seluler tertentu.

perangkat Mesh Network
Perangkat Mesh Network dari goTenna, berupa antena portable.

Rich Myers, praktisi dari goTenna berkata di bitcoinmagazine.com, “Mesh network di platform ini menjadi satu-satunya alternatif jaringan komunikasi terpusat selama ini. Mesh network sepenuhnya terdesentralisasi dan lebih demokratis, mengembalikan kekuatan komunikasi di tangan penggunanya sendiri. Selain itu, juga lebih tahan jika terjadi bencana yang datang tak terduga. Satu-satunya hal yang perlu dipersiapkan hanyalah menghubungkan perangkat Mesh network itu dengan perangkat smartphone saja,” terangnya.

Gagasan dari keduanya, baik Samourai Wallet maupun goTenna banyak terinspirasi dari Satelit Blockstream dan juga presentasi Nick Szabo dan Elaine Ou yang disampaikan di workshop Scaling Bitcoin – Stanford tahun 2017 lalu. Pada presentasinya itu, Nick Szabo memperkenalkan opsi tentang pemanfaatan gelombang frequensi tinggi radio untuk bisa dipergunakan di jaringan bitcoin.

Kerja sama dengan goTenna ini, membuat pengguna Samourai Wallet menjadi memungkinkan untuk mengirim dan menerima bitcoin meskipun ponsel yang digunakan dalam kondisi ofline. “Kebebasan untuk dapat bertransaksi bitcoin tanpa ijin dari pihak manapun bukanlah hal yang mudah tanpa melakukan perlawanan apa-apa. Kami melihat terbukanya iklim Internet namun masih tetap terbendung dengan berbagai kepentingan, regulasi, maupun korporasi,” jelas CEO Samourai Wallet.

Add a comment