Situs Bitcoin Merevisi Tentang Kecepatan Dan Biaya Transaksi

Situs Bitcoin Merevisi Tentang Kecepatan Dan Biaya Transaksi

Komunitas
January 26, 2018 by Ida Pane
485
Bitcoin.org memperbarui halaman situsnya. Situs rujukan komuitas bitcoin tersebut baru-baru ini telah menghilangkan frasa yang berkaitan dengan kapabilitas biaya transaksi bitcoin yang rendah di halaman situsnya. Terkait dengan kalimat yang menyebut kecepatan transaksi, tidak lagi digunakan.
Situs Bitcoin Merevisi Tentang Kecepatan Dan Biaya Transaksi

Salah satu situs Bitcoin yaitu Bitcoin.org telah menghilangkan frasa yang berkaitan dengan kapabilitas biaya transaksi bitcoin yang rendah di halaman situsnya. Di situs tersebut, juga mengubah kalimat yang menyebut kecepatan transaksi. Saat ini, di situs bitcoin itu tidak lagi menuliskan kata “cepat” lagi untuk mendefinisikan kecepatan transaksi bitcoin.

Sejauh ini, beberapa masalah terutama yang berkaitan dengan skalabilitas bitcoin menjadi titik kelemahan yang menjalar kemudian kepada biaya transaksi yang meningkat, ditambah dengan kepadatan transaksi yang membuat waktu konfirmasi bertambah pula.

Situs Bitcoin.org, sejauh ini telah menjadi situs rujukan banyak orang di seluruh dunia untuk mengenal bitcoin selain dari beberapa forum-forum kripto yang telah ada. Selain itu, di situs tersebut juga menjadi salah satu situs untuk merilis source code bitcoin core terbaru. Meski situs tersebut telah mengalami perkembangan pada kurun waktu dua tahun terakhir, tidak pernah ada perubahan yang terlalu signifikan pada kontennya.

Perubahan yang dilakukan Bitcoin.org ini merupakan sebuah langkah yang tepat. Meski demikian, video pengenalan apa itu bitcoin yang mereka gunakan (telah ditonton lebih dari 5 juta kali) tetap menyinggung mengenai biaya transaksi rendah sebanyak dua kali.

Salah seorang kontributor bitcoin.org dengan nama samaran Cobra-Bitcoin, menyebutkan bahwa masih ada banyak perubahan yang perlu dilakukan di situs Bitcoin. Dan tentu saja juga harus ada perubahan pada struktur biayanya.

Dituliskan di CCN, “Situs itu selalu menyebutkan tentang biaya rendah. Tentu saja, kami tidak berharap untuk bisa mendapatkan biaya yang sangat rendah, namun biaya yang ada saat ini tidak memungkinkan bagi masyarakat untuk bertransaksi. Kita harus masuk ke halaman-halaman yang berbeda, dan mencari dimana saja tertulis biaya rendah dan transaksi “cepat” untuk selanjutnya diperbarui. Biaya transaksi yang diperlukan diharapkan bisa turun pasca Segwit”.

Pengaplikasian Segwit di dalam Bitcoin beberapa waktu lalu, diharapkan banyak orang untuk mampu mengatasi perdebatan tentang skalabilitas Bitcoin. Namun banyak yang juga yang tidak memahami, bahwa penerapan Segwit yang telah dilakukan, sekaligus menjadi pintu awal perubahan besar yang nantinya bisa dilakukan.

Sebut saja dengan Lightning Network, dan beberapa hal lain yang nampak makin menunjukkan hasil yang menggembirakan. Lebih spesifik tentang keberhasilan pengujian Lightning Network misalnya, saat ini sudah ada ratusan node di network, mampu memproses transaksi dengan lebih cepat, dan biaya transaksi yang jauh lebih murah. Penerapan Lightning Network sendiri, telah menapaki jalannya untuk kembali merebut atensi pasar terutama dalam kapabilitasnya menangani transaksi mikro.

Di sisi lain, sebagai dampak dari perdebatan skalabilitas bitcoin, sejauh ini telah ada cukup banyak varian hasil forking Bitcoin telah bermunculan. Teknisnya, varian-varian forking bitcoin tersebut memang telah menjadi altcoin. namun tentu saja akibat dari itu, ada sekian banyak yang juga perlu diperbarui, seperti halnya yang telah dilakukan oleh situs bitcoin.org. (ida/adi)

Add a comment