Menu

SIX Bakal Luncurkan Bursa Kripto Sendiri

  Dibaca : 57 kali
SIX Bakal Luncurkan Bursa Kripto Sendiri

Bursa efek Swiss SIX bakal luncurkan bursa kripto sendiri yang sepenuhnya resmi tahun depan. SIX, adalah bursa efek Swiss yang dulunya bernama Bursa Efek Swiss SWX ini adalah bursa saham Swiss yang berlokasi di Zurich. Selain memperdagangkan sekuritas seperti obligasi, derivatif, dengan SMI sebagai indeks pasar sahamnya, kini SIX bakal memperdagangkan juga mata uang berbasis kripto.

Bursa SIX memang telah menjadi bursa saham pertama di dunia yang telah menggunakan sistem perdagangan, dengan otomisasi penyelesaian akhir sejak tahun 1995. Bursa efek SIX ini menjadi begitu kuat karena dikelola dari perkumpulan yang terdiri dari 55 bank lain.

Dilansir dari Businessinsider, bahwa Jumat lalu pihak SIX telah mengumumkan rencana tentang peluncuran bursa kripto resminya tersebut. Meski pergerakan harga kripto turun begitu merata baik bitcoin hingga di hampir seluruh Altcoin sejak awal tahun 2018, namun pihak SIX tetap yakin dengan rencana mereka.

Jos Dijsselhof, CEO Bursa Efek SIX mengatakan,  “Cukup jelas bahwa apa yang telah banyak terjadi selama ini tentang dunia digital akan tetap terus ada. Ini adalah awal dari sebuah era baru untuk infrastruktur pasar modal. Bagi kami, apa yang telah terjadi pada ruang digital selama ini akan tetap terus ada dan akan menentukan masa depan industri kami,” pungkasnya.

SIX bakal luncurkan bursa kriptonya sendiri dengan nama SIX Digital Exchange. Pada bursa kripto baru itu nantinya akan diawasi oleh bank nasional Swiss dan juga FINMA. Kabarnya, peluncuran bursa kripto tersebut akan siap diluncurkan pada semester pertama di tahun mendatang.

Platform bursa baru SIX itu nantinya tidak hanya untuk memberikan layanan perdagangan mata uang berbasis kripto seperti Bitcoin dan beberapa kripto popules saja, namun juga untuk banyak aset digital lain seperti juga token ICO kebanyakan.

Kepala sekuritas dan perdagangan SIX, Thomas Zeeb memberikan perhatian khusus pada beberapa tantangan nyata untuk dunia aset digital. Menurutnya, ruang digital saat ini menghadapi beberapa tantangan terbesarnya seperti peraturan dan jaminan keamanan, stabilitas, transparansi dan juga akuntabilitas resmi.

Beberapa persoalan utama diatas berujung pada implikasi yang sama, yakni rendahnya tingkat kepercayaan. Khusus tentang penyimpanan aset digital nantinya di SIX, pihaknya akan berlaku sebagai penyedia infrastruktur yang resmi untuk bisa mengakomodir semua model blockchain yang telah terintegerasi dan aman.

Selama ini, Swiss memang menjadi sebuah wilayah yang cukup ramah terhadap dunia kripto di Eropa. Pihak berwenang dan pihak otoritas terkait di Swiss juga cukup akomodatif. Di sana, juga turut memberikan panduan yang jelas untuk bisa menunjang perusahaan-perusahaan baru yang bergerak di dunia kripto agar bisa tumbuh.

Editor:
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional