TIP Blockchain Rilis Aplikasi KasaKasa | Edukasi Bitcoin

TIP Blockchain Rilis Aplikasi KasaKasa

TIP Blockchain Rilis Aplikasi KasaKasa

ICO Tutorial
December 4, 2018 by adi
304
TIP Blockchain merilis aplikasi KasaKata untuk versi mobile di Play Store. Dengan aplikasi ini, dunia kripto dapat menjadi lebih mudah tanpa harus kesulitan untuk mengingat address kripto pringguna. Address tersebut, dapat digantikan dengan nama singkat atau nickname saja.
TIP Blockchain Rilis Aplikasi KasaKasa

TIP Blockchain baru saja merilis KasaKasa di Google Play Store. Aplikasi KasaKasa ini dapat mempermudah pengguna dengan kemampuan untuk menyimpan nama singkat pengguna kripto di dalam blockchain. Sedangkan untuk versi Apple Store akan segera dirilis kemudian.

Proyek ICO TIP Blockchain asal Costa Rica ini sudah berakhir pada 17 Agustus sebelumnya. TIP Blockchain sejak awal berupaya untuk mendorong agar teknologi blockchain menjadi lebih familiar untuk digunakan semua orang.

Pengguna kripto umumnya cukup sulit untuk mengingat nama akunnya sendiri. Terang saja, karena nama akun tersebut merupakan sebuah “Address” yang berasal dari turunan Public Key. Sedangkan Address itu sendiri terdiri dari deret angka dan huruf. Orang pun susah untuk mengingatnya.

Contoh Address di dalam Ethereum:

0x2910543af39aba0cd09dbb2d50200b3e800a63d2

Dengan aplikasi KasaKasa dari TIP Blockchain ini, address yang sukar diingat tersebut sudah bukan menjadi masalah lagi. Pengguna kripto dapat mengganti address itu menjadi sebuah nama singkat saja atau nickname.

Sejak demo applikasinya diluncurkan di awal pelaksanaan ICO, total penggunanya sudah mencapai 4781 user. Artinya dari total 4781 pengguna itu sudah memilih nama uniknya pertama kali.

Kemudahan yang ditawarkan melalui KasaKasa tentu saja membuat aplikasi berbasis blockchain menjadi lebih mudah untuk digunakan. Hal ini seperti halnya ketika google sempat mengganti alamat IP address mereka, 172.31.103.5 menjadi nama domain yang lebih singkat yakni Google.com.

Harapannya tentu saja, dunia kripto menjadi lebih sederhana dan bisa diakses oleh semua kalangan. Berbeda dengan masa-masa awal ketika teknologi blockchain pertama kali muncul dengan Bitcoin. Saat itu, tentu saja tidak semua orang dapat lebih mudah untuk menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari.

Fitur Aplikasi KasaKasa

Aplikasi KasaKasa dibangun menggunakan varian blockchain dari ethereum. Beberapa fitur yang ada di dalam KasaKasa adalah:

  • Support untuk ETH dan token TIP (TIP Blockchain)
  • Dapat menggunakan nama singkat sebagai pengganti address
  • Bisa mencari nama kontak berdasarkan username
  • Dan banyak fitur lain yang masih dalam pengembangan lanjutan

Dari berbagai fitur yang ada diatas, tentu pengguna dapat melihat bagaimana mudahnya untuk melakukan transaksi. Pengguna hanya cukup untuk mencari username yang dituju, dapat disimpan dalam kontak pribadi dalam aplikasi tersebut, dan dengan mudah untuk bertransaksi.

Sampai sejauh ini, KasaKasa sendiri memang masih menggunakan blockchain Ethereum. Sehingga untuk biaya transaksi yang dipergunakan akan sesuai dengan biaya transaksi ethereum pada umumnya. Namun dalam waktu mendatang, pihak pengembang TIP Blockchain sendiri menyatakan untuk menggunakan platform blockchainnya sendiri. Sehingga nantinya biaya transaksi itu akan berdasarkan TIP, tidak lagi menyesuaikan dengan biaya di ethereum.

Cara Menggunakan KasaKasa

Untuk menggunakannya, langkah pertama tentu saja dengan mengunduh aplikasi KasaKasa di Google Play Store. Install aplikasi tersebut, lalu jalankan untuk mulai membuat akun baru. Jika pengguna sudah membuat akun KasaKasa saat demo akun ICO pertama kali, pengguna perlu untuk memasukkan nomor ponsel yang sama.

Namun jika pengguna baru menggunakannya, dapat langsung membuat akun baru dengan menekan tombol “Create Account”.

KasaKasa1

Setelah itu lanjutkan dengan memasukkan nomor ponsel yang digunakan. Dalam beberapa menit, kode verifikasi melalui SMS akan diterima. Anda cukup hanya dengan copy dan paste kode SMS tersebut.

KasaKasa2

Lanjutkan dengan memasukkan nama depan dan nama belakang anda, beserta username yang anda inginkan.

KasaKasa4

Setelah selesai, buatlah kata sandi untuk akun anda.

KasaKasa3

Jika sudah selesai, maka akun KasaKasa anda sudah siap untuk digunakan.

KasaKasa6

Yang perlu diperhatikan, bahwa saat ini aplikasi KasaKasa masih hanya support untuk token TIP dan ETH saja. Sedangkan untuk fungsi kirim dan terima token TIP ataupun ETH sudah bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Di dalam aplikasi tersebut, pengguna sudah bisa melihat nominal TIP dan ETH yang dimiliki, ataupun mencari pengguna lain. Tentu akan lebih mudah jika kerabat atau rekan yang biasa bertransaksi menggunakan aplikasi yang sama. Sehingga hanya dengan mencari username saja, transaksi dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Add a comment