Menu

Tren Pencarian Google untuk Mengamati Reaksi Pasar Bitcoin

  Dibaca : 102 kali
Tren Pencarian Google untuk Mengamati Reaksi Pasar Bitcoin

Bagi banyak pengguna, para spekulan bitcoin utamanya, akan cukup banyak kesulitan jika berusaha mengamati reaksi pasar bitcoin. Terlebih pengamatan itu dilakukan untuk mencoba meraba-raba kemungkinan harga naik atau turun dalam jangka waktu tertentu berikutnya, agar bisa meraih keuntungan.

Namun, Nick Colas dari Datatrek Research ini mempunyai salah satu alternatif yang cukup unik. Nick berkomentar saat diwawancarai di CNBC, ia mengatakan, “Tanya saja Google, jika anda ingin membaca pergerakan harga bitcoin”, ungkapnya.

Tentu saja, Nick Colas pun tidak serta merta di pernyataannya tersebut. Ia menganggap, tren pencarian Google tentang bitcoin dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam membaca reaksi harga pasar Bitcoin berikutnya. Nick di CNBC pada hari Sabtu lalu, justru menyarankan untuk mengamati reaksi pasar bitcoin melalui tren mesin pencari Google, termasuk juga mengamati tingkat pertumbuhan generate address baru di wallet bitcoin.

“Dengan melihat jumlah orang yang mencari kata ‘bitcoin’ di Google, besaran pencarian pangsa pasarnya hampir 60 persen di seluruh dunia, kami melihat ada kesan positif minat penggunaan bitcoin”, terangnya. Nick juga menambahkan,”Data juga benar-benar menunjukkan tren harga yang sama persis seperti yang kita lihat selama 90 hari terakhir”, tambahnya.

Pada pertengahan Januari lalu misalnya, harga bitcoin ditanggapi negatif di pasar sehingga harga turun, termasuk juga berbagai informasi yang bersifat negatif di berbagai peristiwa seperti peretasan di bursa kripto dan lain-lain. Hasil pengamatannya, tren google tentang bitcoin di masa yang sama juga mengalami penurunan.

Uniknya, tidak hanya Nick Colas saja yang memberikan pengamatan yang sama. Chris Burniske, dari ARK Invest juga memberikan pernyataan senada ketika mengamati nilai tukar BTC – USD. Menurutnya, nilai tukar itu mencerminkan tren pencarian di mesin pencari Google.

Ketika mesin pencari google menunjukkan ada sedikit orang yang mencari tentang google, memudarnya ketertarikan ini juga tercermin di harga bitcoin. Misalkan pada harga bitcoin yang ada sekarang, antara 10.000 – 12.000 usd per BTC, ada perbandingan jauh di bulan Desember. Pada akhir tahun lalu, tren pencarian Bitcoin di mesin pencari Google juga menunjukkan kenaikan saat itu, dan di ikuti dengan meroketnya harga bitcoin. Atas dasar itulah Nick Colas menyimpulkan bahwa tingkat minat bitcoin melalui penelusuran Google menunjukkan dukungan yang pasti untuk bisa membaca arah pergerakan pasarnya. (ida/adi)

Editor:
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional