Venezuela Mendesak Negara Tetangga Merangkul Petro

Venezuela Mendesak Negara Tetangga Merangkul Petro

Altcoin
January 17, 2018 by Ida Pane
14
Dengan melihat banyak hal, proyek kripto Venezuela masih akan berjalan sesuai rencana. Pekan lalu, Senat Negara melarang penerbitan kripto Petro. Namun tampaknya Presiden Nicolás Maduro tidak berniat mundur. Lebih khusus lagi, dia telah mendesak beberapa negara tetangga untuk merangkul kripto baru ini dalam waktu dekat. Jelas bahwa ada sesuatu yang perlu diubah di Venezuela lebih
Venezuela Mendesak Negara Tetangga Merangkul Petro

Dengan melihat banyak hal, proyek kripto Venezuela masih akan berjalan sesuai rencana. Pekan lalu, Senat Negara melarang penerbitan kripto Petro. Namun tampaknya Presiden Nicolás Maduro tidak berniat mundur. Lebih khusus lagi, dia telah mendesak beberapa negara tetangga untuk merangkul kripto baru ini dalam waktu dekat.

Jelas bahwa ada sesuatu yang perlu diubah di Venezuela lebih cepat daripada nanti. Saat ini, situasi keuangan negara terlalu mengerikan untuk membiarkan jika melihat harga barang-barang yang mulai tidak terkendali. Warga  Venezuela saat ini sedang berjuang bisa mendapat bahan kebutuhan dasar seperti makanan, air dan obat-obatan. Karena posisi Venezuela yang lemah di meja perundingan, jelas pendekatan negara itu harus menjadi kreatif untuk memecahkan masalah tersebut. Menciptakan kripto yang didukung minyak nasional sendiri mungkin merupakan satu-satunya jalan keluar.

Sayangnya, nampaknya kripto Petro tidak sesuai dengan keinginan bagi para politisi Venezuela. Presiden Maduro adalah salah satu pendukung terbesar atas inisiatifnya. Namun sebagian besar politisi di sana tidak terlalu yakin proyek ini bisa sukses.

Kabarnya, Senat Venezuela secara resmi telah melarang Maduro dalam proyek kripto. Sedangkan senat disana juga tidak mungkin menyampaikan pesan resminya itu bisa diterima dalam waktu dekat. Sementara itu, presiden Maduro sendiri terkesan tidak mau menyerah agar Petro bisa terlaksana. Ia bahkan telah bertemu secara langsung dengan Aliansi Bolivarian.

Pada pertemuan itu, Maduro mencoba meyakinkan sepuluh pemerintah negara lain untuk bisa merangkul Petro serta potensinya. Aliansi Bolivarian itu terdiri dari Ekuador, Antigua dan Barbuda, Bolivia, Kuba, Nikaragua, Dominika, Saint Vincent, Grenadines, serta beberapa negara lainnya. Semua negara ini berdiri dianggap bisa mendapat keuntungan dari kripto Petro yang didukung dengan minyak. Meskipun tidak ada yang bisa mencegah negara-negara lain itu jika mereka juga menerbitkan bentuk uang digitalnya sendiri di masa mendatang.

Sedangkan Maduro sendiri akan senang jika melihat semua anggota di Aliansi Bolivarian berkumpul bersama dalam penciptaan Petro. Hal ini nampaknya mengindikasikan bahwa mata uang baru tersebut tidak akan jadi mata uang Venezuela saja, tapi untuk banyak negara di kawasan tersebut. Menyatukan negara-negara ini dengan sebuah kripto baru, tentu akan memberikan banyak peluang menarik, meski proyek semacam ini tentu tidak akan mudah.

Add a Comment