Vitalik Buterin Dan Klaim Desentralisasi Ethereum

Vitalik Buterin Dan Klaim Desentralisasi Ethereum

Altcoin
November 5, 2018 by adi
252
Vitalik Buterin, pendiri Ethereum ini menyatakan bakal mengurangi intensitas kuasanya untuk melihatkan bahwa Ethereum benar-benar terdesentralisasi. Pernyataan tersebut diucapkan pada konferensi tahunan Ethereum 1 November lalu.
Desentralisasi ethereum

Bertujuan untuk mengubah persepsi bahwa Ethereum bukanlah entitas terpusat, Vitalik Buterin menyatakan untuk mengurangi intensitasnya di Ethereum. Vitalik Buterin menyatakan niatnya tersebut melalui pernyataan Mike Orcutt pada momen konferensi tahunan Ethereum beberapa hari yang lalu (01/11/18).

Mike Orcutt mengutip pendapat Vitalik bahwa teknologi dibalik Ethereum yang diciptakannya itu tidak akan pernah sepenuhnya terdesentralisasi kita tidak segera berhenti bergantung kepada dirinya. Untuk itu, dirinya pribadi akan lebih berhati-hati atas perannya sendiri di Ethereum pada masa mendatang.

Sejak diluncurkan lima tahun yang lalu, Ethereum memang cukup terkesan menjadi sebuah entitas yang terpusat. Lantaran besarnya ketergantungan dari peran Vitalik, yang sekaligus banyak memompa adopsi DAPP Ethereum di banyak proyek-proyek baru saat itu.

Vitalik bahkan terkesan banyak menggawangi dengan memfungsikan dirinya sebagai Advisor di banyak proyek baru berbasis token melalui proyek-proyek ICO. Ketika proyek-proyek ICO mulai liar, ia kembali mencoba membatasi ruang geraknya. Vitalik menyatakan tidak akan lagi menjadi advisor di proyek-proyek ICO.

Tidak hanya sampai disitu, insiden serangan DAO juga sudah menyatakan bahwa Ethereum sudah bukanlah entitas yang terdesentralisasi. Ketika serangan DAO itu terjadi, ada 11,5 juta Ether atau kurang lebih USD 150 juta yang berhasil disikat penyerang pada bulan Juni 2016 lalu.

Menggunakan kuasanya, pihak pengembang lantas memutuskan untuk mengatasi hal itu dengan hardfork. Sejak itulah Ethereum kian kental dianggap sebagai entitas yang non terdesentralisasi. Terkait dengan niatan Vitalik untuk mulai mengambil jarak di Ethereum, ia sendiri mencoba menanggapi ciutan Tone Vays melalui akun pribadinya.

Vitalik mencoba menegaskan bahwa dirinya bukanlah pemegang kebijakan penuh di Ethereum. Sementara di satu sisi, penegasan tersebut juga menyisakan pengakuan yang tersirat bahwa perannya sendiri memang sejauh ini membuatnya bukan sebagai entitas yang terdesentralisasi.

Ciutan Vitalik itupun mengundang banyak tanggapan, sekaligus dinilai pengakuan jujur dirinya di Ethereum.

Add a comment