Vitalik Buterin Klarifikasi Komentarnya Setelah Banyak Kritik | Edukasi Bitcoin

Vitalik Buterin Klarifikasi Komentarnya Setelah Banyak Kritik

Vitalik Buterin Klarifikasi Komentarnya Setelah Banyak Kritik

News
September 14, 2018 by adi
492
Karena banyak menuai kritik atas komentarnya, Vitalik Buterin mencoba membela diri dengan menjelaskan alasannya. Sebelumnya Vitalik Buterin sempat berkomentar bahwa pertumbuhan 1000x di dunia kripto sudah tak ada lagi.
Vitalik Buterin

Saat itu, Vitalik Buterin, pendiri Ethereum berkomentar pada sebuah even cryptocurrency di Hongkong. Vitalik memberikan berkomentar, “Tak ada lagi pertumbuhan kripto hingga 1000x lebih tinggi.”

Komentar Vitalik itu berbuntut mendapat banyak kritik dari para investor kripto. Banyak yang menanggapi komentar tersebut dan menyebut bahwa pendiri Ethereum ini tidak memahami ekonomi dan pergerakan harga kripto.


Vitalik kemudian berupaya untuk memberikan alasan atas komentarnya tersebut. Klarifikasi tersebut kemudian diunggah melalui ciutan akun twitternya. Vitalik Buterin mengatakan, “Agar lebih jelas, saya tidak pernah mengatakan bahwa ‘tidak ada ruang untuk pertumbuhan’ ekosistem kripto. Yang saya katakan adalah tidak ada ruang lagi untuk ‘kenaikan harga 1000x. Peningkatan harga 1000x ini artinya USD 200T, atau kurang leibh 70% dari nilai kekayaan global ada di dalam kripto”, paparnya.

Anggapannya meski sebagian besar masyarakat telah mengenal dunia kripto, namun tidak terlalu banyak menyita perhatian secara mendalam pada saat ini. Hal tersebut adalah berkaitan dengan penggunaan secara riil untuk dunia kripto.

CEO Tron, Justin Sun lantas datang dan menanggapi komentar Vitalik seraya ikut membenarkan alasannya. Menurutnya, media banyak memelintir makna dari komentar Vitalik secara keliru untuk kepentingan medianya sendiri.

Apa yang diterangkan Vitalik Buterin melalui klarifikasinya memang lebih masuk akal. Kenaikan harga kripto hingga 1000x jelas akan membawa arus sumber aset mata uang fiat ke dalam dunia kripto. Menurut Justin, kondisi harga kripto yang saat ini jauh dari harapan pasar adalah hal yang wajar. Secara pribadi, Justin menilai bahwa kapitalisasi pasar kripto berpotensi untuk menyentuh nilai USD 10 trilyun. Ekspektasi itu bahkan menurutnya akan jauh melebihi Apple dan Amazon.

Add a comment