Wasabi Wallet Dirilis, Utamakan Privasi

Wasabi Wallet Dirilis, Utamakan Privasi

Bitcoin
November 5, 2018 by adi
196
Persoalan privasi menjadi hal yang cukup penting bagi pengembangan Bitcoin ke depan. Dalam hal ini, Wasabi Wallet dirilis dengan menitikberatkan sisi privasi tersebut. Untuk fitur yang mengutamakan privasi, Wasabi Wallet menggunakan Chaumian CoinJoin.
Wasabi Wallet Dirilis, Utamakan Privasi

Wasabi Wallet 1.0 dirilis pertama kali pada 31 Oktober lalu. Varian wallet bitcoin baru ini dirilis untuk beberapa OS seperti Windows, Linux dan juga Mac. Satu hal yang cukup menarik tentang rilis pertama varian wallet bitcoin ini adalah, karena Wasabi Wallet mengutamakan sisi privasi untuk pengguna.

Privasi tersebut dijembatani dengan memanfaatkan fungsi mixing transaksi yang digunakan dalam Chaumian CoinJoin. Fitur tentang CoinJoin sendiri pertama kali digaungkan oleh Gregory Maxwell pada bulan Agustus 2013.

Landasan utama yang mengawali CoinJoin adalah meskipun Bitcoin memiliki fitur privasi, namun penggunaan address yang sama dalam beberapa transaksi membuat privasi itu menjadi berkurang. Sehingga transaksi pun menjadi bisa di lacak kesejarahannya. Dan bitcoin memang mampu melakukan itu.

Di dalam BIP32, HD Wallet mulai muncul. Salah satu fungsi HD Wallet di BIP32 adalah untuk memungkinkan pengguna tak lagi menggunakan address yang sama pada transaksi berikutnya. Sayangnya di fitur itupun dirasa masih memiliki penurunan privasi karena input transaksi lama mungkin tetap akan dibutuhkan jika hendak digunakan untuk transaksi berikutnya.

Apa Itu CoinJoin?

Seperti yang disinggung diatas, CoinJoin pertama kali diperkenalkan di tahun 2013 oleh Gregory Maxwell. Fungsi CoinJoin ini sebetulnya menggabungkan proses transaksi yang dilakukan oleh beberapa partisipan. Tujuannya, ketika transaksi itu digabungkan menjadi satu, maka fungsi privasi menjadi meningkat.

Berbeda pada standar transaksi bitcoin pada umumnya. Setiap transaksi yang dilakukan oleh seorang pengirim dan penerima dilakukan dalam satu transaksi. Ketika transaksi beberapa partisipan yang terdiri dari masing-masing input dan output dilakukan, maka ringkasan transaksi juga menjadi lebih samar, dan meningkatkan sisi privasi untuk penggunanya.

Lalu apa bedanya dengan Chaumian CoinJoin?

Yang menjadi pembeda, meskipun tetap menggunakan skema yang sama seperti CoinJoin yang dijelaskan diatas, adalah karena Chaumian CoinJoin menggunakan blind signature.  Blind Signature, sesuai dengan namanya, ditemukan oleh Chaum. Fitur kriptografi blind signature ini memungkinkan pengguna untuk menyamarkan address dalam input transaksi bitcoin yang akan dipergunakan dalam transaksinya.

coinjoinSetelah input transaksi disamarkan dengan mengubah address, pengguna dapat menandatangani itu, lalu siap untuk dapat ditransaksikan. Dalam hal ini, dibutuhkan peran tipologi jaringan seperti pada Clos network yang bisa mempertemukan beberapa partisipan dalam transaksi itu.

Metode mixing transaksi yang dilakukan tersebut, dilakukan dengan mengutamakan anonimitas pengguna. Salah satu yang sudah dibangun adalah ZeroLink. Teknik mixing transaksi ini juga sudah pernah diimplementasikan sebelumnya. Contohnya seperti CoinJoin Sudoku ataupun SharedCoin. Namun sayangnya pengembangan itu tak lagi dilanjutkan.

Skema CoinJoin ini juga dapat dilakukan dengan mudah di dalam jaringan Bitcoin secara umum. Hal inilah yang membuatnya cukup berbeda jika dibandingkan dengan ZeroCoin. Karena ZeroCoin, implementasinya memerlukan proses soft-fork di dalam jaringan bitcoin. Sedangkan CoinJoin tidak memerlukan hal itu.

Dengan fitur yang memperkuat sisi privasi, Wasabi Wallet mungkin akan cocok untuk anda gunakan jika anda menginginkan privasi lebih untuk Bitcoin. Semakin banyak pengguna yang menggunakan fungsi CoinJoin, maka privasi anda makin tinggi.

WindowsLinuxMac

Add a comment