Zcash Upgrade Network Dengan Sapling

Zcash Upgrade Network Dengan Sapling

Altcoin
October 30, 2018 by adi
206
Zcash upgrade networknya menggunakan Sapling melalui hardfrork. Aktivasi ini berjalan pada block 419200 yang telah dilalui kemarin.
Zcash Upgrade Network Dengan Sapling

Jaringan Zcash telah diupgrade yang dimulai pada block 419200 kemarin. Upgrade jaringan oleh Zcash ini dilakukan untuk menambah fitur Sapling. Dengan fitur Sapling ini, transaksi Zcash dapat berjalan dengan lebih cepat, serta fitur keamanan baru yang disebut dengan “shielded addresses”.

Zcash adalah salah satu varian Altcoin yang telah diluncurkan pada bulan Oktober di tahun 2016. Zcash, selama ini terkenal dengan sebutan “privacy coin”, karena memang memfokuskan dalam hal privasi untuk penggunanya.

Terkait dengan update yang dilakukan, aktivasi Sapling memungkinkan transaksi berjalan lebih cepat dan efisien. Tidak hanya itu, Sapling juga memungkinkan ada proses pemangkasan address Zcash menjadi lebih pendek. Address ini kemudian disebut dengan Sapling Z-address.

Proses transaksi dengan aktivasi Sapling ini dapat berjalan dalam beberapa detik saja. Bahkan, total kapasitas block bisa mencapai hingga 40 megabyte, seperti yang dituliskan pihak Zcash di dalam blognya.

Lantas Apa itu Sapling Zcash?

Sapling adalah salah satu pendekatan untuk meningkatkan kinerja dan fungsionalitas transaksi dengan fokus untuk masalah enkripsi transaksi. Sapling ini, menggunakan tambahan fitur berupa Shielded address. Implikasinya, karena address tersebut dapat dirubah menjadi lebih pendek, maka prosus konstruksi transaksinya bisa menjadi lebih cepat. Kapasitas transaksi juga bisa mencapai 40 megabyte.

Shielded Address tersebut membutuhkan zero-knowledge proof untuk dapat eksekusi transaksi. Dalam hal ini, proses aktivasi yang dilakukan melalui hardfork selanjutnya akan bisa membedakan dua hardware dalam proses verifikasi transaksi.

zcash-saplingArtinya, di dalam Zcash akan membutuhkan dua hardware yang berbeda untuk memproses transaksi. Satu hardware untuk proses membangun zero-knowledge proof, dan satu hardware lain untuk menandatangani transaksi. Dua hardware ini dibutuhkan secara bersama-sama dalam proses verifikasi transaksi Zcash.

Khusus tentang hardware untuk penunjang Sapling Address ini, pengembang Zcash juga mengimplementasikan sebuah varian HD Wallet khusus. Tidak lain, varian HD Wallet ini memang didesain khusus untuk menangani Shielded Address..

Kurang lebihnya, HD Wallet Zcash ini berfungsi sama seperti varian HD wallet lain di Bitcoin. HD wallet ini juga dapat membuat turunan untuk private key maupun address menggunakan seed. Secara khusus, dengan Shielded address, pengguna dapat lebih terlindungi karena transaksi itu tidak ditautkan dengan transaksi lain sebelumnya.

Alhasil, pengguna tidak perlu membutuhkan beberapa akun key untuk mendapatkan fitur privasi tinggi. Penanganan melalui shielded address itu disebut dapat mengatasi hal tersebut.

Add a comment