Zcoin Datang Ke Indonesia, Akrabkan Teknologi Privasi Tinggi

Zcoin Datang Ke Indonesia, Akrabkan Teknologi Privasi Tinggi

Zcoin Datang Ke Indonesia, Akrabkan Teknologi Privasi Tinggi

Altcoin News
November 17, 2018 by adi
410
Zcoin turut hadir di event BlockBali 2018. Pada kesempatan ini, Zcoin ingin memperkenalkan lebih jauh tentang teknologi privasi dalam Blockchain untuk masyarakat di Indonesia.
Zcoin Bertandang Ke Indonesia

EdukasiBitcoin punya kesempatan untuk sedikit berdiskusi dengan Reuben Yap, COO Zcoin yang datang di Bali, Indonesia pada event BlockBali 2018. Zcoin, adalah varian Altcoin dengan tipikal kripto privasi tinggi. Pada tanggal 10 Desember nanti, Zcoin juga ada agenda utama untuk mengimplementasikan MTP.

Bagaimana pendapat anda tentang adopsi kripto di Indonesia?

Saya pikir adopsi mata uang kripto cukup banyak terhambat dengan adanya larangan pemerintah untuk menggunakan sebagai alat pembayaran. Hanya dapatdigunakan sebagai instrumen investasi saja.

Meski saya cukup memahami posisi pemerintah, namun itu membuat kripto hanya dilihat dan digunakan sebagai media investasi yang spekulatif saja ketimbang menggunakannya dari sisi teknologi didalamnya. Saya melihat sebagian besar kelompok diskusis kripto di Indonesia masih banyak fokus untuk mencari laba.

Namun cukup menggembirakan kami karena melihat beberapa orang yang benar-benar tertarik untuk mendidik masyarakat Indonesia di bidang teknologi seperti EdukasiBitcoin.

Di event BlockBali ini, apakah Zcoin ada agenda khusus?

Salah satu bursa dan komunitas yang banyak terlibat pertama adalah bursa kripto Indonesia, yakni Indodax. Dan Oscar sendiri sudah menjadi pendukung besar kami di masa-masa awal. Kami memang ingin datang ke Indonesia dan memberitahu para pengguna Zcoin bahwa kami disini saat ini untuk anda semua.

Selain itu kami juga punya kesempatan untuk mendidik masyarakat tentang teknologi privasi di dalam blockchain secara umum. Sehingga orang-orang lebih menghargai tentang privasi, dan memahami dasar-dasar dan cara kerjanya.

Pengembangan apa yang sudah dilakukan Zcoin dalam waktu dekat ini? Apakah Zcoin masih dalam tahap mempersiapkan implementasi MTP pada tanggal 10 Desember nanti?

Kami sudah menyelesaikan integerasi Dandelion untuk meningkatkan privasi saat bertransaksi. Dandelion ini mampu menyembunyikan IP address anda tanpa harus menggunakan layanan pihak ketiga seperti TOR. Sedangkan untuk aktivasi MTP sendiri akan dilakukan pada tanggal 10 Desember nanti, seperti yang sudah anda ketahui.

Apakah MTP dapat berperan untuk mengatasi perihal skalabilitas juga?

Salah satu elemen penting mata uang kripto adalah distribusi dan jaringan. Kami melihat bagaimana ekosistem Bitcoin Cash dengan ekosistem pertambangan yang terkonsentrasi hanya di beberapa pemain saja karena ASIC. Pemain itu memiliki daya besar di dalam jaringan, sehingga mempengaruhi juga kepentingan pengguna.

Kami tidak mengatakan bahwa resistensi untuk ASIC ini bisa berlaku selamanya. Namun kita perlu memperpanjang waktu untuk bisa resisten terhadap ASIC selama mungkin agar bisa menciptakan distribusi yang adil untuk para penambang, sekaligus juga untuk pengguna.

Dalam hal ini, MTP membantu para penambang biasa untuk dapat berpartisipasi kembali tanpa ada ASIC, melainkan hanya dengan menggunakan CPU atau GPU saja. Secara teknis MTP mungkin tidak banyak berimplikasi pada skalabilitas untuk TPS murni. Namun, dengan MTP ini mampu menumbuhkan komunitas yang lebih beragam di ekosistem pertambangan dengan lebih adil. Algoritma proof of work yang nantinya diimplementasikan dapat meningkatkan kinerja secara efektif.

Zcoin dapat menangani transaksi 4x lebih besar dari Bitcoin, dan kita juga mendekati level adopsi lebih tinggi. Hal itu lebih penting daripada banyak menghabiskan waktu untuk menangani skalabilitas. Kegunaan dan tingkat adopsi untuk Zcoin dianggap lebih penting di tahap saat ini.

Hampir keseluruhan harga mata uang kripto turun beberapa hari terakhir. Menurut anda apa penyebabnya?

Penurunan harga kripto yang terjadi baru-baru ini mungkin diperburuk dengan adanya drama Bitcoin Cash di saat pasar masih berupaya untuk tumbuh kembali. Saya tidak berfikir pasar akan segera pulih dalam waktu dekat. Mungkin dalam beberapa bulan ke depan akan pulih kembali.

Tahun 2018 ini dianggap sebagai tahun yang cukup sulit untuk dunia kripto. Bagaimana pendapat anda berdasarkan perspektif Zcoin?

Saya benar-benar senang bahwa kegilaan ICO telah turun. ICO telah banyak mengubah ruang dari yang sebelumnya membangun proyek-proyek inovatif dan bagus menjadi sekedar hanya instrumen untuk memperoleh keuntungan saja.

Pada tahun 2014, telah cukup banyak orang yang sudah membangun dan bereksperimen dengan suka cita, namun saat ini kita berhadapan dengan masalah serius tentang uang, cukup mirip dengan institusi ataupun manipulasi yang ingin dihindari oleh Bitcoin.

Zcoin sudah memiliki roadmap yang bagus, dan kami sudah melihat proyek kami dengan matang saat mulai menetapkan pilar-pilar utama kami. Sekarang kami mulai fokus untuk membangun dan menciptakan komunitas yang memiliki antusias tinggi tentang privasi dan teknologi. Tidak hanya untuk keuntungan murni, sudah ada begitu banyak perkembangan menarik dalam meningkatkan privasi juga.

Saya melihat di tahun 2019 mendatang akan membawa Zcoin dengan tumpuan kaki yang sudah mapan untuk berkompetisi. Dan kami sejauh ini telah menginvestikan dalam pengembangan tim developer dan melakukan penelitian-penelitian.

Add a comment